Penggunaan gestur representasional oleh siswa dalam memecahkan masalah matematis secara kelompok

Achadiyah, Nur Laili and Abdussakir, Abdussakir (2015) Penggunaan gestur representasional oleh siswa dalam memecahkan masalah matematis secara kelompok. Presented at Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2015, 22-23 April 2015, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (fulltext)
1886.pdf

Download (824kB) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai gestur siswa dalam penyelesaian masalah secara kelompok masih baru sehingga penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan. Penelitian ini lebih difokuskan pada penggunaan gestur representasional dalam pemecahan masalah matematis secara kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif-eksploratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri Satu Atap Lesanpuro Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menggunakan gestur representasional dalam menyelesaikan masalah matematis secara kelompok yang ditujukan untuk (a) diri sendiri, (b) orang lain, dan (c) diri sendiri dan orang lain. Gestur representasional dapat terjadi (a) sebelum ucapan, (b) bersamaan dengan ucapan, (c) setelah ucapan, dan (d) tanpa ucapan. Fungsi gestur representasional yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis secara kelompok antara lain untuk (1) menarik, memusatkan, dan mempertahankan perhatian pada aspek penting yang sedang dibicarakan, (2) mengurangi beban kognitif dengan mengongkritkan sesuatu yang sedang dipikirkan, serta (3) menuntun atau mengarahkan proses berpikir menuju selesaian yang diinginkan.

Item Type: Seminar and Workshop
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Mathematics
Depositing User: Abdussakir Abdussakir
Date Deposited: 08 May 2017 22:01

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item