Achadiyah, Nur Laili and Abdussakir, Abdussakir (2015) Penggunaan gestur representasional oleh siswa dalam memecahkan masalah matematis secara kelompok. Presented at Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2015, 22-23 April 2015, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (fulltext)
1886.pdf Download (824kB) | Preview |
Abstract
Penelitian mengenai gestur siswa dalam penyelesaian masalah secara kelompok masih baru sehingga penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan. Penelitian ini lebih difokuskan pada penggunaan gestur representasional dalam pemecahan masalah matematis secara kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif-eksploratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri Satu Atap Lesanpuro Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menggunakan gestur representasional dalam menyelesaikan masalah matematis secara kelompok yang ditujukan untuk (a) diri sendiri, (b) orang lain, dan (c) diri sendiri dan orang lain. Gestur representasional dapat terjadi (a) sebelum ucapan, (b) bersamaan dengan ucapan, (c) setelah ucapan, dan (d) tanpa ucapan. Fungsi gestur representasional yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis secara kelompok antara lain untuk (1) menarik, memusatkan, dan mempertahankan perhatian pada aspek penting yang sedang dibicarakan, (2) mengurangi beban kognitif dengan mengongkritkan sesuatu yang sedang dipikirkan, serta (3) menuntun atau mengarahkan proses berpikir menuju selesaian yang diinginkan.
Item Type: | Seminar and Workshop |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Mathematics |
Depositing User: | Abdussakir Abdussakir |
Date Deposited: | 08 May 2017 22:01 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |