Penguatan nilai-nilai moderasi beragama: Implementasi pembelajaran pada sekolah berkebutuhan khusus di Ponorogo

Sari, Ulfi Andrian ORCID: https://orcid.org/0000-0002-3874-545X, Nuruddien, Muhammad and Arumawan, Muhammad Muhsin (2014) Penguatan nilai-nilai moderasi beragama: Implementasi pembelajaran pada sekolah berkebutuhan khusus di Ponorogo. Wikrama Parahita:Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8 (2). pp. 229-236. ISSN 2599-0012

[img] Text
18939.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (876kB)

Abstract

Anak-anak berkebutuhan khusus masih ada yang diperlakukan diskriminatif di lingkungan masyarakatsehingga diperlukan pembelajaran berbasis moderasi beragama yang mengajarkan anti kekerasan,toleransi, patriotisme dan mencintai kearifan lokal daerahnya. Pembelajaran moderasi beragama untuk anak berkebutuhan khusus memiliki tantangan tersendiri karena mereka memiliki tingkat pemahaman dan komunikasi yang terbatas. Tujuan dari pengabdian ini untuk penguatan nilai-nilai moderasi beragama dan implementasinya dalam pembelajarandi sekolah berkebutuhan khusus, Metode pengabdian menggunakan Participatory Action Research dengan langkah membuat rencana pengabdian dengan analisis kebutuhan melalui observasi dan wawancara, pelaksanaan kegiatan dengan workshop kepada guru-guru sekolah luar biasa dan evaluasi kegiatan dilakukan dengan memberikan google form kepada peserta. Hasil pengabdian 1) Sekolah membutuhkan integrasi pembelajaran dengan penguatan moderasi beragama. 2) Implementasi moderasi beragama dalam pembelajaran a) implementasi toleransi dengan edukasi dan keteladanan, b) implementasi anti kekerasan dengan edukasi pelaku kekerasan dan orangtua, memberi motivasi dan perlindungan pada korban, c) implementasi kearifan lokal dengan mengenalkan dan mempraktikkan budaya lokal dan d} implementasi patriotismedengan mengenalkan simbol Negara Kesatuan Republik Indonesia dan praktik nasionalisme. 3) Evaluasi pengabdian menunjukkan semua guru sangat puas mengikuti pelatihan. Hasil tingkat pemahaman guru terkait nilai moderasi rata-rata pretest sebesar 69 %sedangkan nilai post test 90 %denganpeningkatanpemahaman peserta terhadap nilai-nilaimoderasi beragama sebeser 21 %.

Item Type: Journal Article
Keywords: Anti Kekerasan; Kearifan Lokal; Patriotisme;Toleransi; Tunagrahita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Ulfi Andrian Sari
Date Deposited: 15 May 2024 08:04

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item