Strategi Pembelajaran (Teori dan Praktik) (sertifikat hak cipta)

Diah Ambarumi Munawaroh, Erly Lumban Gaol (2022) Strategi Pembelajaran (Teori dan Praktik) (sertifikat hak cipta). 000342093.

[img] Text
19019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Guru harus memilih metode yang tepat dalam menggunakan strategi belajar aktif (active learning strategy) dimana belajar aktif banyak sekali metode pembelajaran untuk mengaktifkan siswa dalam belajar di kelas atau diluar kelas. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan melalui 1). Wawancara 2). Pengamatan dan 3). Dokumentasi. Selanjutnya analisa data dilakukan: 1) Analisa selama pengumpulan data menggunakan analisa deskriptif, 2) Teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar aswaja di Madrasah Ibtidaiyah Syarifuddin yaitu terdidri atas metode Diskusi, jigsaw, tanya jawab. 2) Peningkatan motivasi belajar siswa ada perubahan diatndai dari keaktifan, kesenganan, dari yang malas menjadi rajin dan antusius, mereka meskipun masih ada sebagian yang motivasinya tidak meningkat. 3) Faktor pendukung: adanya sarana dan sumber belajar yang memadai, minat belajar siswa yang tinggi, dan semangat, waktu pembelajaran dan serta profesionalisme guru aswaja dalam membimbing anak didiknya.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Strategi; Pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan
Depositing User: Diah Ambarumi Munawaroh
Date Deposited: 17 May 2024 14:04

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item