Software Penilaian Objective Structured Ciptaan Yang Clinical Examination (OSCE) Mahasiswa Profesi Apoteker UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Rahmi Annisa, Wirda Anggraini dkk (2024) Software Penilaian Objective Structured Ciptaan Yang Clinical Examination (OSCE) Mahasiswa Profesi Apoteker UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. EC00202443913.

[img] Text
sertifikat_EC00202443913.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Apoteker Indonesia (UKMPPAI) merupakan penerapan sistem uji kompetensi secara nasional pada tahap akhir pendidikan apoteker untuk mengukur pencapaian kompetensi calon lulusan dalam ranah pengetahuan (kognitif), ketrampilan (psikomotor), serta sikap dan perilaku (afektif). Tujuan penyelenggaraan UKMPPAI adalah untuk meminimalkan variasi pencapaian mutu kompetensi lulusan agar memenuhi standar kompetensi kerja dan untuk memperoleh sertifikat kompetensi apoteker Indonesia sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Metode uji yang dikembangkan meliputi metode MCQ’s (Cognitive Based-Test) yang dilaksanakan dalam bentuk Computer Based-Test (CBT) dan metode Objective Structure Clinical Examination (OSCE). Objective Structured Clinical Examination (OSCE) adalah metode penilaian yang digunakan untuk menguji kompetensi klinis mahasiswa Profesi Apoteker. OSCE merupakan bagian penting dalam evaluasi kemampuan praktis mahasiswa, namun sering kali proses pelaksanaannya masih dilakukan secara manual. Hal ini bisa menyebabkan inefisiensi waktu dan potensi kesalahan dalam penilaian. Untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi penilaian, serta mendukung program paperless FKIK Green Campus, pengembangan aplikasi OSCE dirasa perlu. Aplikasi ini dirancang untuk memfasilitasi proses penilaian secara digital sehingga meminimalkan penggunaan kertas dan mempercepat proses administratif yang terkait.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: OSCE, Penilaian, Software
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware
Divisions: Faculty of Medical and Health Sciences > Department of Pharmacy
Depositing User: Wirda Anggraini
Date Deposited: 04 Jun 2024 13:41

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item