Annisa, Maryam Nur, Rifki, Muhammad, Taufiqurrochman, R ORCID: https://orcid.org/0000-0003-1001-4353 and Anshory, Abdul Muntaqim Al (2023) Tekhnologi media pembelajaran berbasis video animasi untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Arab siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Sustainable, 6 (2). ISSN 26550695
Text
19377.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (256kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas penggunaan teknologi media pembelajaran berbasis video animasi dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab siswadi Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif dengan metode studi kasus. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi langsung terhadap penggunaan tekhnologi media pembelajaran berbasis video animasi dan wawancara mendalam terhadap informan. Pendekatan kualitatif dipilih untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang pengalaman dan pandangan guru serta siswa terkait penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi. Penelitian ini melibatkan beberapa langkah. Pertama, melalui tahap observasi, peneliti secara aktif mengamati dan mencatat bagaimana teknologi media pembelajaran berbasis video animasi diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2. Interaksi antara guru dan siswa, serta respon siswa terhadap media pembelajaran ini, menjadi fokus utama pengamatan. Kedua, wawancara dengan guru dan siswa dilakukan untuk mendapatkan perspektif lebih lanjut tentang pengalaman dan pandangan mereka terkait penggunaan teknologi media pembelajaran berbasis video animasi. Berdasarkan analisis data, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan teknologi media pembelajaran berbasis video animasi memberikan manfaat signifikan dalam meningkatkan kemampuanberbicara bahasa Arab siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo. Melalui media pembelajaran ini, guru dapat menyajikan materi pembelajaran dengan cara yang lebih menarik dan interaktif, yang secara langsung memikat minat dan perhatian siswa. Selain itu, penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi juga meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dan berbicara dalam bahasa Arab.Meskipun demikian, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan dalam penerapan teknologi media pembelajaran berbasis video animasi, terutama terkait keterbatasan infrastruktur dan akses teknologi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | tekhnologi pendidikan; media pembejaran; video animasi; kemampuan berbicara; bahasa arab |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics |
Divisions: | Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Arabic Language Education |
Depositing User: | abdul muntaqim al anshory |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 14:30 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |