Pemberdayaan UMKM batik melalui edukasi pemasaran digital

Sa'diyah, Halimatus, Anliwiarta, Zhuvido, Surya, Efriant Adam and Naurah, Jinan (2024) Pemberdayaan UMKM batik melalui edukasi pemasaran digital. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7 (5). ISSN 25981226

[img] Text
19547.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (560kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas edukasi pemasaran digital dalam pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Batik. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan mengambil sampel UMKM Batik di Desa Turen Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi terhadap pemilik UMKM Batik Bambu Kenanga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa edukasi pemasaran digital cukup efektif dalam meningkatkan penjualan dan keuntungan UMKM Batik Bambu Kenanga. Selain itu, edukasi pemasaran digital juga membantu UMKM Batik untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan brand awareness.

Item Type: Journal Article
Keywords: Pemasaran digital; UMKM
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Halimatus Sa`diyah
Date Deposited: 10 Jun 2024 13:31

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item