Orientalisme dan pembaharuan studi Islam di Universitas Leipzig Jerman

Huda, Miftahul ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4124-1751 and Hakim, M. Aunul (2024) Orientalisme dan pembaharuan studi Islam di Universitas Leipzig Jerman. Kalimedia, Yogyakarta. ISBN 978-623-7885-46-7 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text (Buku Pembaharuan Studi Islam)
19649.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 1 May 2025.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Model kajian studi Islam ala orientalis saat ini berkembang pesat. Adapun medan yang mereka tempuh adalah melalui pertanyaan yang cukup mengagetkan yakni pemahaman umat Islam yang sudah sekian lama. Metodologi kajian ala orientalis ini ternyata diminati oleh kalangan akademisi. Arah baru dalam memahami hukum Islam, mulai dikembangkan. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu bagaimana pembaharuan metodologi studi Islam pada program studi (prodi) studi Islam dijurusan orientalis Leipzig Jerman?.
Tujuan penelitian ini yaitu mengeksplorasi pembaharuan metodologi studi Islam pada program studi (prodi) studi Islam dijurusan orientalis Leipzig Jerman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskripsti dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti menggunakan metode deliberate sampling (pengambilan sampel yang disengaja) dalam pemilihan sumber data. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumenter. Langkah-langkah analisis data adalah sebagai berikut: a) penyajian data, b) klasifikasi dan tabulasi data, c) analisis dan interpretasi data. Metode pemeriksaan keabsahan data, yaitu: a) lamanya partisipasi, b) kedalaman pengamatan, c) triangulasi, dan d) pembahasan pendamping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruang ligkup pembahasan studi Islam yaitu pada aspek akidah, akhlak, pendidikan, dan studi al-Qur’an dan Hadits. Metodologi studi Islam yang digunakan diprodi studi Islam jurusan Orientalis Leipzig Jerman yaitu metode tekstual, kontekstual, deduktif, induktif.

Item Type: Book
Keywords: Metodologi; Pembaharuan; Studi Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Dr M. Aunul Hakim
Date Deposited: 16 Jul 2024 09:04

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item