Manajemen Program Unggulan Pondok Pesantren Queen Al-Falah Kediri dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat

El-Islamy, Virgin Sabrina, Maryanti, Rizka Ayu, Marno, Marno ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9429-8052 and Nur, Muhammad Amin (2023) Manajemen Program Unggulan Pondok Pesantren Queen Al-Falah Kediri dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6 (12). pp. 10167-10173. ISSN 26148854

[img] Text
2395-Article Text-23733-1-10-20231201.pdf

Download (207kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menggali penerapan manajamen progam unggulan pondok pesantren Queen Al-Falah Ploso meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data digali melalui observasi kegiatan pondok pesantren, wawancara dengan guru madin dan guru formal dan dokumentasi tentang program dan kegiatan di pondok pesantren. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) perencanaan program unggulan sesuai dengan kurikulum meliputi tujuan, program, jadwal kegiatan. Kegiatan santri 24 jam penuh dengan bimbingan Kyai dan para guru, jadwal kegiatan terdiri dari Harian, Mingguan, Semesteran dan Tahunan, (2) Pelaksanaan program unggulan yang diberlakukan di Pondok Pesantren Queen Al-Falah adalah perpaduan antara kurikulum pesantren dengan kurikulum pemerintah, sehingga lulusanya dapat melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Pada Pondok Pesantren Queen Al-Falah membagi jenjang pendidikan menjadi 2 yaitu pendidikan formal (SMP, SMA, SMK) dan pendidikan pesantren atau lebih dikenal dengan Madrasah Islamiyah Salafiyah Riyadlotul Uqul (MISRIU). (3) Evaluasi dilaksanakan dalam jangka pendek, menengah dan panjang, evaluasi yang dilaksanakan akhir semester seperti mengecek kelengkapan ma’na kitab setiap santri, untuk evaluasi dalam kegiatan seperti kegiatan syawir, sekolah formal maupun diniyah.

Item Type: Journal Article
Keywords: Management; Featured Program; Islamic Boarding School; Society Participation.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: DR MARNO Marno
Date Deposited: 28 Jun 2024 10:29

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item