Muhammad Akbar Kurniawan, dkk,. (2024) Pengembangan media web Geopedia dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir spasial (sertifikat hak cipta). 000649460.
Text
20089.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan dan mengetahui kelayakan media web Geopedia dan 2) mengetahui pengaruh penggunaan media web Geopedia terhadap kemampuan berpikir spasial siswa kelas X MA Al Amin Jabung, Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang menggunakan model SAM 1 (Successive Approximation Model) dengan tahapan: 1) evaluate, 2) design, dan develop. Rancangan eksperimen kuasi untuk mengetahui pengaruh media web Geopedia terhadap kemampuan berpikir spasial siswa menggunakan one group pretest-posttest design. Instrumen penilaian produk pengembangan menggunakan angket dengan skala likert 1 (sangat tidak setuju) – 5 (sangat setuju) dan dokumen. Instrumen penilaian kemampuan berpikir spasial siswa menggunakan tes. Bentuknya adalah soal pilihan ganda sejumlah 15 item yang didasarkan pada indikator: interaksi spasial, skala, aplikasi, representasi, analisis, dan komprehensif. Dua metode analisis data digunakan dalam penelitian ini yakni, analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif mengumpulkan data tentang ulasan dan rekomendasi yang diberikan oleh ahli materi Geografi, ahli media, guru, dan siswa. Analisis statistik inferensial digunakan untuk mengetahui bagaimana media web Geopedia mempengaruhi kemampuan siswa untuk berpikir spasial. Untuk analisis statistik, uji normalitas, homogenitas, dan uji beda digunakan. Jika data terdistribusi normal (parametrik), Paired Sample t-Test digunakan untuk uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pengembangan produk telah menggunakan model Successive Approximation Model (SAM) melalui tahapan evaluate, design, dan develop dan nilai kelayakan dari ahli materi adalah 91,25%. Kemudian dari ahli media adalah 93.33%. Sedangkan nilai kelayakan dari siswa sebesar 88.44% dan guru sebesar 88.27%. Maka rata-rata nilai kelayakan dari web learning ini adalah 91,25% termasuk dalam kategori sangat efektif/layak. 2) Penggunaan media web Geopedia terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa di sekolah Ahmad Yhani Jabung, khususnya dalam memahami topik Litosfer. Efektivitas ini ditunjukkan melalui hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 5%. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir spasial siswa setelah menggunakan media web learning untuk mempelajari topik tersebut.
Item Type: | Hak Cipta |
---|---|
Keywords: | Development; Geopedia; SAM Model; Spatial Thinking Skill |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education |
Depositing User: | Saiful Amin |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 08:45 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |