Pengembangan media web Geopedia dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir spasial (sertifikat hak cipta)

Muhammad Akbar Kurniawan, dkk,. (2024) Pengembangan media web Geopedia dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir spasial (sertifikat hak cipta). 000649460.

[img] Text
20089.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan dan mengetahui kelayakan media web Geopedia dan 2) mengetahui pengaruh penggunaan media web Geopedia terhadap kemampuan berpikir spasial siswa kelas X MA Al Amin Jabung, Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang menggunakan model SAM 1 (Successive Approximation Model) dengan tahapan: 1) evaluate, 2) design, dan develop. Rancangan eksperimen kuasi untuk mengetahui pengaruh media web Geopedia terhadap kemampuan berpikir spasial siswa menggunakan one group pretest-posttest design. Instrumen penilaian produk pengembangan menggunakan angket dengan skala likert 1 (sangat tidak setuju) – 5 (sangat setuju) dan dokumen. Instrumen penilaian kemampuan berpikir spasial siswa menggunakan tes. Bentuknya adalah soal pilihan ganda sejumlah 15 item yang didasarkan pada indikator: interaksi spasial, skala, aplikasi, representasi, analisis, dan komprehensif. Dua metode analisis data digunakan dalam penelitian ini yakni, analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif mengumpulkan data tentang ulasan dan rekomendasi yang diberikan oleh ahli materi Geografi, ahli media, guru, dan siswa. Analisis statistik inferensial digunakan untuk mengetahui bagaimana media web Geopedia mempengaruhi kemampuan siswa untuk berpikir spasial. Untuk analisis statistik, uji normalitas, homogenitas, dan uji beda digunakan. Jika data terdistribusi normal (parametrik), Paired Sample t-Test digunakan untuk uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pengembangan produk telah menggunakan model Successive Approximation Model (SAM) melalui tahapan evaluate, design, dan develop dan nilai kelayakan dari ahli materi adalah 91,25%. Kemudian dari ahli media adalah 93.33%. Sedangkan nilai kelayakan dari siswa sebesar 88.44% dan guru sebesar 88.27%. Maka rata-rata nilai kelayakan dari web learning ini adalah 91,25% termasuk dalam kategori sangat efektif/layak. 2) Penggunaan media web Geopedia terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa di sekolah Ahmad Yhani Jabung, khususnya dalam memahami topik Litosfer. Efektivitas ini ditunjukkan melalui hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000, yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 5%. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir spasial siswa setelah menggunakan media web learning untuk mempelajari topik tersebut.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Development; Geopedia; SAM Model; Spatial Thinking Skill
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Saiful Amin
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:45

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item