Wahidmurni, Wahidmurni ORCID: https://orcid.org/0000-0002-0719-435X (2024) Merumuskan bagian metode penelitian kualitatif. Disampaikan pada mata kuliah Seminar Proposal, Pascasarjana, Mei 2024. (Unpublished)
Text
20221.pdf Download (160kB) |
Abstract
Hal yang sering ditemui dalam bab/bagian metode penelitian pada proposal penelitian dan laporan penelitian adalah rumusan kalimat-kalimatnya masih berasa metodologi penelitian, padahal keduanya adalah berbeda. Ketidakpahaman akan perbedaan keduanya, akan menjadikan proposal penelitian yang ditulis akan sulit dipahami oleh pembacanya. Hal ini disebabkan pada bagian metode penelitian tidak menunjukkan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh calon peneliti dalam menjawab pertanyaan penelitian atau tujuan penelitian. Oleh karena metode penelitian adalah cara kerja dalam menjawab rumusan/tujuan penelitian, maka calon peneliti harus mengemukakan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan untuk menjawab rumusan pertayaan/tujuan penelitian yang dirumuskan dalam proposal penelitian mereka. Aktivitas yang akan dilakukan hendaknya didukung oleh pendapat pakar penelitian (sebagai penguat argumen), hal ini untuk memastikan bahwa tindakan yang dilakukan telah benar. Artinya kutipan/rujukan dari pakar digunakan untuk memperkuat argumen calon peneliti. Untuk mempermudah mengoperasionalkan bagian metode penelitian, calon peneliti harus dapat membuat keterkaitan antara pertanyaan penelitian, data yang dibutuhkan, dan teknik pengumpulan data dan sumber data yang dibutuhkan.
Item Type: | Teaching Resources |
---|---|
Keywords: | metode penelitian; penelitian kualitatif; metode penelitian kualitatif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Teacher Education for Islamic Primary Schools |
Depositing User: | Wahidmurni Wahidmurni |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 09:58 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |