Erlina, Erlina, Wahidmurni, Wahidmurni ORCID: https://orcid.org/0000-0002-0719-435X, Nurhadi, Nurhadi ORCID: https://orcid.org/0000-0002-7397-3474 and Kamsir, Rita Zahara (2024) Enhancing curriculum monitoring systems: Case study of Arabic Language Education at STAIN Mandailing Natal. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9 (1). pp. 1-19. ISSN 2502-9223; 2503-4383
Text
20372.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (390kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem pemantauan, pengawasan, dan peningkatan kurikulum dalam Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal (STAIN Madina), menilai efektivitasnya dalam meningkatkan kompetensi bahasa Arab dan mendukung pembelajaran Islam. Menggunakan desain penelitian kualitatif, studi ini menerapkan metodologi studi kasus, menggabungkan wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Temuan mengungkapkan bahwa sistem monev, yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan yang komprehensif, secara efektif mencakup standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian pembelajaran. Pendekatan terstruktur yang melibatkan banyak pemangku kepentingan memastikan evaluasi menyeluruh dan perbaikan berkelanjutan. Namun, keterbatasan seperti perlunya pengawasan internal yang lebih mendalam terhadap standar isi dan tantangan terkait sumber daya manusia serta keterlibatan pemangku kepentingan juga dicatat. Temuan ini signifikan bagi institusi pendidikan tinggi yang bertujuan untuk meningkatkan sistem kurikulum mereka, menawarkan model untuk pemantauan dan pengawasan yang terstruktur. Penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk mengeksplorasi mekanisme pengawasan internal terintegrasi dan efek jangka panjangnya terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | Arabic Language Education; Curriculum Monitoring; Supervision; Pemantauan Kurikulum; Pengawasan; Pendidikan Bahasa Arab |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Graduate Schools > Doctoral Programme > Graduate School of Arabic Language Education |
Depositing User: | Wahidmurni Wahidmurni |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 08:53 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |