Strategi guru dalam mengatasi kesulitan operasi perkalian bilangan bulat di Sekolah Dasar

Hasibuan, Khoirun Nisa, Irawan, Wahyu Henky and Abdussakir, Abdussakir ORCID: https://orcid.org/0000-0002-2764-4311 (2024) Strategi guru dalam mengatasi kesulitan operasi perkalian bilangan bulat di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9 (3). pp. 1668-1674. ISSN 2620-8326

[img] Text
20696.pdf - Published Version

Download (268kB)

Abstract

Perkalian merupakan salah satu yang berpengaruh besar terhadap keterampilansiswa dalam memahami serta menangani masalah matematika yang lebih kompleks. Namun, secara berulang para murid menghadapi kesulitan dalam memahami gagasan tentang perkalian, yang kemudian dapat berimbas pada pencapaian akademik mereka. Artikel ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan strategi guru dalam mengidentifikasi siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika, khususnya dalam konteks perkalian,(2) mendeskripsikan tantangan utama yang dihadapi guru dalam mengajar perkalian di tingkat sekolah dasar; dan (3)mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada perkalian. Penelitianinimenggunakan metodekualitatif. Wawancara dilakukan terhadap empat guru di SD Swasta Kecamatan Medan Marelan sebagai informan. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) strategi mengidentifikasi kesulitan belajar siswa melalui tes diagnostik dan observasi interaksi, (2) tantangan yang dihadapi guru dalam mengajar perkalian, termasuk kesulitan siswa dalam memahami konsep dasar, kurangnya minat dan motivasi belajar, (3) strategi pembelajaran efektif untuk mengatasi kesulitan belajar, seperti pendekatan individual, pembelajaran kelompok dengan tutor sebaya, pemanfaatan media pembelajaran, dan penataan posisi duduk siswa di kelas.Kesulitan belajarpun dapat teratasi dengan berbagai strategi yang dapat dilakukan guru seperti pendekatan individual, pembelajaran kelompok dengan tutor sebaya, pemanfaatan media pembelajaran, dan penataan posisi duduk siswa di kelas yang dapat membantu siswa memahami konsep perkalian dengan lebih baikdan meningkatkan hasil belajar mereka secara keseluruhan.Keywords:Kesulitan belajar, Perkalian, Strategi guruPENDAHULUANTerdapatberbagai konsep matematika yang diajarkan, perkalian merupakan salah satu yang berpengaruh besar terhadap keterampilansiswa dalam memahami serta menangani masalahmatematika yang lebih kompleks. Namun, secara berulang para murid menghadapi kesulitan dalam memahami gagasan tentang perkalian, yang kemudian dapat berimbas pada pencapaian akademik mereka.Untuk mengatasi tantangan pembelajaran matematika, penting bagi siswa untuk memiliki pemahaman yang solid terhadap konsep-konsep yang diajarkan. Peran guru sangat krusial dalam membimbing siswa menuju pemahaman ini. Selain itu, diharapkan guru memiliki keterampilan dalam menerapkan strategi pembelajaran matematika yang mendukung siswa dalam proses belajar mereka. (Suci & Taufina, 2020). Padaproses pengajaran di sekolah, seorang pendidikdihadapkan oleh berbagai karakter siswa, di antara karakter siswa tersebut, terdapat siswa yang menerima pembelajaran dengan baik dan lancar, namun juga terdapat siswa yang mengalami kesulitan belajar, khususnya pada pembelajaran matematika. Kesulitan belajar adalah kegagalan siswa dalam memahami prinsip-prinsip dan konsep yang diajarkan., atau algoritma pemecahan masalah, walaupun siswa telah berusaha memahami pembelajaran tersebut(Monalisa et al., 2022). Perkalian merupakan proses matematika yang melibatkan pengulangan satu bilangan dengan bilangan lainnya(Al-Husna & Mujib, 2020). Operasi perkalian melibatkan mengalikan satu bilangan (yang disebut sebagai faktor) dengan bilangan lain (juga faktor lain) untuk mendapatkan hasil.ISSN (Print): 2502-7069; ISSN (Online): 2620-8326

Item Type: Journal Article
Keywords: Kesulitan belajar; Perkalian; Strategi guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education
Depositing User: Abdussakir Abdussakir
Date Deposited: 18 Oct 2024 14:25

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item