Kemampuan berpikir divergen siswa dalam menyelesaikan soal open-ended barisan dan deret ditinjau dari adversity quotient

Hasanah, Siti Raudhatul and Abdussakir, Abdussakir ORCID: https://orcid.org/0000-0002-2764-4311 (2024) Kemampuan berpikir divergen siswa dalam menyelesaikan soal open-ended barisan dan deret ditinjau dari adversity quotient. Jurnal Analisa, 10 (1). pp. 1-12. ISSN 2549-5143

[img] Text
20707.pdf - Published Version

Download (469kB)

Abstract

Kemampuan berpikir divergen perlu dikembangkan untuk menciptakan siswa yang kreatif. Namun, pada kenyataannya, kemampuan berpikir divergen masih memerlukan peningkatan. Soal open-ended menjadi salah satu cara yang memungkinkan siswa untuk memperluas pengetahuan mereka dengan menyelesaikan masalah melalui berbagai solusi yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir divergen siswa dalam menyelesaikan soal open-ended materi barisan dan deret ditinjau dari adversity quotient (AQ). Kemampuan berpikir divergen dalam penelitian ini di dasarkan pada tiga aspek yaitu fluency, flexibility dan originality. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan wawancara. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 tahapan yaitu reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan paparan dan analisis data menunjukkan bahwa terdapat variasi kemampuan berpikir divergen siswa. Siswa yang memiliki AQ tipe climber memenuhi semua indikator dari aspek berpikir divergen baik fluency, flexibility, dan originality. Siswa dengan AQ tipe camper memenuhi aspek fluency saja sedangkan flexibility dan originality tidak terpenuhi. Kemudian siswa dengan AQ tipe quitter tidak memenuhi semua indikator pada aspek berpikir divergen baik itu fluency, flexibility maupun originality.

Item Type: Journal Article
Keywords: Kemampuan Berpikir Divergen; Soal Open-Ended; Adversity Quotient (AQ)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education
Depositing User: Abdussakir Abdussakir
Date Deposited: 18 Oct 2024 15:28

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item