Analisis kesulitan guru matematika dalam proses mengajar kelas IV di Sekolah MI Sunan Giri Merjosari Lowokwaru Malang

Budi, Irwan Setia, Aini, Qurratul, Irawan, Wahyu Henky and Abdussakir, Abdussakir ORCID: https://orcid.org/0000-0002-2764-4311 (2024) Analisis kesulitan guru matematika dalam proses mengajar kelas IV di Sekolah MI Sunan Giri Merjosari Lowokwaru Malang. As-SABIQUN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6 (1). pp. 53-64. ISSN 2656-4785

[img] Text
20709.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (294kB)

Abstract

Pembelajaran matematika menjadi sebuah polemik tersendiri bagi sebagian guru mengingat perlunya inovasi-inovasi untuk menjawab tantangan zaman. Berkembangnya kurikulum menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam menyesuaikan diri dalam arus pembelajaran terkini yang secara tidak langsung dituntut untuk melakukan pengembangan dalam perencanaan dan proses pembelajaran yang tidak jarang hal ini menjadi satu kesulitan bagi guru dalam pengembangan diri. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran yang mengarah terhadap kesulitan guru matematika pada kelas IV MI Sunan Giri Merjosari Lowokwaru Malang secara rinci. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Data dan sumber data diperoleh dari informan di lembaga MI Sunan Giri Merjosari Lowokwaru Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh guru salah satunya dalam perencanaan pembelajaran, dimana guru kesulitan dalam alokasi waktu, menggunakan sumber
belajar serta menentukan metode dalam menyesuaikan materi pembelajaran sedangkan dalam kegiatan proses pembelajaran guru mngelami sedikit kesulitan dalam mengonsentrasikan siswa sedangkan pada tahap evaluasi pembelajaran, soal-soal yang ada dalam LKPD belum masuk ranah tingkat Hots. Kesulitan terdapat dari beberapa faktor salah satunya dampak dari perubahan kurikulum, kurangnya pelatihan dan kurangnya perhatiyan dari pemerintah Kesulitan-kesulitan yang
dialami guru dapat diatasi beberapa cara salah satunya yaitu pelatihan, seminar, studytour dimana caratersebut merupakan pintas untuk mengasah kompetensi guru.

Item Type: Journal Article
Keywords: Pembelajaran Matematika; Guru; Kesulitan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education
Depositing User: Abdussakir Abdussakir
Date Deposited: 18 Oct 2024 15:40

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item