Strategi mengatasi problematikan teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab di abad 21

Islamy, Mohammad Fadil Akbar, Sutiah, Sutiah and Taufiqurrochman, R. (2024) Strategi mengatasi problematikan teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab di abad 21. Comserva: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 4 (3). 723-730). ISSN 2798-5210

[img] Text
21084.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (272kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strat egi yang dapat digunakan untuk mengatasi tantangan dan masalah yang muncul saat menggunakan teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan, meng kaji, dan menganalisis sumber-sumber yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa tantangan dan masalah yang dihadapi dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab di Indonesia, antara lain: keterbatasan kompe tensi dan literasi digital guru, kurangnya dukungan dan infrastruktur yang memadai, kurangnya inovasi dalam pengembangan konten dan bahan ajar digital, kondisi siswa yang berag am, serta kesulitan dalam memantau dan mengevaluasi pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, strategi yang dapat diterapkan meliputi: peningkatan kompetensi dan literasi digital guru, penyediaan sarana dan infrastruktur yang memadai, pengembangan konten dan bahan ajar digital yang inovatif, penerapan pendekatan pembelajaran yang lebih personalized, serta pengembangan sistem pemantauan dan evaluasi pembelajaran yang efektif. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya kolaborasi antara pemerintah, sekolah, dan pemangku kepentingan terkait untuk mewujudkan pembelajaran bahasa Arab berbasis tekn ologi yang efektif dan berkualitas di Indonesia.

Item Type: Journal Article
Keywords: strategi pembelajaran; teknologi pembelajaran; problematika pembelajaran; pembelajaran bahasa Arab; pembelajaran abad 21
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Graduate Schools > Doctoral Programme > Graduate School of Islamic Education Management
Depositing User: DR Sutiah Sutiah
Date Deposited: 31 Oct 2024 10:07

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item