Lutfiyatun, Eka (2017) Efektifitas media korpus dalam pembelajaran Bahasa Arab dengan model quantum learning. In: Prosiding Seminar Nasional Linguistik Korpus Program Studi Linguistik Terapan Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta 2017: Corpus Lingustics Application: Critical Explorations in Linguistics, Language Teaching, Translation, and Literature Studie. UNY Press, Yogyakarta, pp. 122-129. ISBN 9786026338204 Speaker : Lutfiyatun, Eka.
|
Text (full text)
2117.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa Asing di Indonesia menemukan berbagai problematika. Salah satunya adalah yang dialami oleh siswa kelas VII MTs Hasyim Asyari Batu pada pembelajaran keterampilan membaca khususnya analisis kaidah gramatika teks berbahasa Arab. Observasi awal menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan ketika pembelajaran karena media dan model pembelajaran yang digunakan selama ini masih tradisional dan monoton. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mencoba menerapkan The Quranic Arabic Corpus sebagai media pembelajaran berbasis internet untuk membantu siswa dalam menganalisis kaidah-kaidah gramatika teks berbahasa arab dalam surat Al-Bayyinah dengan model Quantum Learning dan teknik permainan The Mission Wall. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen kuasi dengan pola noequivalent control grup design. Teknik pengumpulan data adalah tes dan nontes. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis dan lisan. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari pretest ke posttest. Tes diberikan kepada kelas kontrol dan eksperimen dengan jumlah siswa 20 setiap kelasnya. Pada pretest kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 69,7 dan posttest 70.9. Sedangkan pada pretest kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 69,05 dan posttest 80,65 dan diperoleh thitung 3,295 dan ttabel 1,725. Dikarenakan thitung > ttabel, maka hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah hipotesis kerja (Ha) yaitu media The Quranic Arabic Corpus dengan model Quantum Learning dan teknik permainan The Mission Wall efektif untuk meningkatan kemapuan siswa dalam menganalisis kaidah gramatika teks berbahasa Arab.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Keywords: | The Quranic Arabic Corpus; Quantum Learning; Membaca; The Mission Wall |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics |
Divisions: | Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Arabic Language Education |
Depositing User: | Miss Eka Lutfiyatun |
Date Deposited: | 19 Feb 2018 11:43 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |