Efektifitas media korpus dalam pembelajaran Bahasa Arab dengan model quantum learning

Lutfiyatun, Eka (2017) Efektifitas media korpus dalam pembelajaran Bahasa Arab dengan model quantum learning. In: Prosiding Seminar Nasional Linguistik Korpus Program Studi Linguistik Terapan Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta 2017: Corpus Lingustics Application: Critical Explorations in Linguistics, Language Teaching, Translation, and Literature Studie. UNY Press, Yogyakarta, pp. 122-129. ISBN 9786026338204 Speaker : Lutfiyatun, Eka.

[img]
Preview
Text (full text)
2117.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa Asing di Indonesia menemukan berbagai problematika. Salah satunya adalah yang dialami oleh siswa kelas VII MTs Hasyim Asyari Batu pada pembelajaran keterampilan membaca khususnya analisis kaidah gramatika teks berbahasa Arab. Observasi awal menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan ketika pembelajaran karena media dan model pembelajaran yang digunakan selama ini masih tradisional dan monoton. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mencoba menerapkan The Quranic Arabic Corpus sebagai media pembelajaran berbasis internet untuk membantu siswa dalam menganalisis kaidah-kaidah gramatika teks berbahasa arab dalam surat Al-Bayyinah dengan model Quantum Learning dan teknik permainan The Mission Wall. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen kuasi dengan pola noequivalent control grup design. Teknik pengumpulan data adalah tes dan nontes. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis dan lisan. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari pretest ke posttest. Tes diberikan kepada kelas kontrol dan eksperimen dengan jumlah siswa 20 setiap kelasnya. Pada pretest kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 69,7 dan posttest 70.9. Sedangkan pada pretest kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 69,05 dan posttest 80,65 dan diperoleh thitung 3,295 dan ttabel 1,725. Dikarenakan thitung > ttabel, maka hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah hipotesis kerja (Ha) yaitu media The Quranic Arabic Corpus dengan model Quantum Learning dan teknik permainan The Mission Wall efektif untuk meningkatan kemapuan siswa dalam menganalisis kaidah gramatika teks berbahasa Arab.

Item Type: Book Section
Keywords: The Quranic Arabic Corpus; Quantum Learning; Membaca; The Mission Wall
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Arabic Language Education
Depositing User: Miss Eka Lutfiyatun
Date Deposited: 19 Feb 2018 11:43

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item