Tanjung, Elisa Fitri, Tobroni, Tobroni, Hady, M. Samsul and Latipun, Latipun (2019) Pembelajaran active learning pada Pendidikan Agama Islam. Pembelajaran Active Learning pada Pendidikan Agama Islam . BILDUNG, Yogyakarta. ISBN 978-623-7148-23-4 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.
Text
21246.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Active learning merupakan konsep yang dihasilkan oleh proses teknlologi pembelajaran, yang kemunculannya dipengaruhi oleh berbagai temuan dalam bidang teori psikologi, teori biologi, teori sosilogi, dan berdasarkan konsep-konsep filsafat manusia. Active learning meniscayakan peserta didik berperan aktif dalam proses pendidikan/pembelajaran. Artinya, peserta didiklah yang mencapai tujuan-tujuan pembelajaran melalui aktivitasnya sendiri. Sedangkan guru menjadi fasilitator belajar peserta didik. Guru menyiapkan berbagai layanan yang diperlukan oleh peserta didik untuk belajar memperoleh pengetahuan, menguasai keterampilan, dan menginternalisasi nilai-nilai.
Active learning memungkinkan peserta didik untuk terus belajar sepanjang hayat (life long education). Mereka belajar dari setiap atau keseluruhan pengalaman belajarnya sepanjang hidup. Dengan demikian acitve learning mengejawantahkan gagasan learning by doing, learning by experience, dan experience is the best teacher.
Dalam pendidikan agama Islam (PAI) pun active learning sebagai konsep maupun strategi perlu dilaksanakan, agar pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai religius dapat dicapai dan diwujudkan dengan sepenuh kesadaran peserta didik. Guru agama memberikan penguatan-penguatan, motivasi, dan pengembangan atas kesadaran peserta didik yang terbentuk. Dengan active learning dalam PAI ini, guru dan manajemen sekolah/madrasah dapat mempercepat capaian-capaian pembelajaran agama di tengah keterbatasan waktu dan jam pelajaran yang tersedia.
Buku ini menyajikan active learning dalam pembelajaran PAI, mulai dari konsep hingga implementasinya. Dengan demikian buku ini berguna bagi manajemen sekolah, guru, maupun pembina atau pengawas sekolah/madrasah.
Item Type: | Book |
---|---|
Keywords: | Active learning; strategi; metode; karakteristik; dan langkah-langkah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education |
Depositing User: | Dr. Samsul Hady, M.Ag |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 15:21 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |