Syahriramadhan, Muhammad, Najya, Shoffany Mafaza, Kurniawan, Ilham and Faruq, Muh. ORCID: https://orcid.org/0000-0002-2522-5543
Penerapan Metode Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran shorof tathbiqi di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Research Report.
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
(Unpublished)
![]() |
Text
21392.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Metode pembelajaran mutlak diperlukan dalam proses pembelajaran. Dalam konsep pendidikan abad ke-21, ada empat keterampilan yang ditarget yaitu berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai untuk konsep Pendidikan abad 21 tersebut adalah Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini berfokus pada penerapan metode PjBL dalam pembelajaran Sharaf Thatbiqy di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dengan menggunakan metode campuran (mixmethod), diperoleh hasil bahwa implementasi metode PjBL dalam pembelajaran Sharf Tathbiqy dilakukan dalam 6 tahapan, yaitu: 1) persiapan, 2) pelaksanaan, 3) pemantauan, 4) pelaporan, 5) presentasi hasil proyek, 6) penilaian. Dari penerapan motede PjBL tersebut diperoleh persepsi mahasiswa bahwa implementasi metode PjBL dalam pembelajaran Sharf Tathbiqy berjalan dengan sangat baik dan berdampak positif bagi mahasiswa.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | Project Based Learning; Shorof Tathbiqi; Pendidikan Bahasa Arab |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education |
Depositing User: | Unnamed user with email muh.faruq@uin-malang.ac.id |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 14:24 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |