Integrasi Education for Sustainable Development (ESD) dalam pembangunan berkelanjutan pada program studi Manajemen Pendidikan Islam Di Pascasarjana (sertifikat hak cipta)

Indah Aminatuz Zuhriyah, Slamet Daroini dkk (2024) Integrasi Education for Sustainable Development (ESD) dalam pembangunan berkelanjutan pada program studi Manajemen Pendidikan Islam Di Pascasarjana (sertifikat hak cipta). 000803888.

[img] Text
21405.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam terkait Integrasi Education for Sustainable Development (ESD) Dalam Pengembangan Keberlanjutan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Di Pascasarjana UIN Malang Di mana pendekatan tersebut sangat relevan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) serta menghadapi tantangan global saat ini. Subyek dalam penelitian adalah Program Studi Manajemen Pendidikan Islam baik pada Strata 2 maupun Strata 3 di Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (Education for Sustainable Development/ESD) adalah proses pendidikan yang bertujuan untuk memberi para mahasiswa pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai yang diperlukan untuk menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan. Berdasarkan fokus penelitian tersebut, maka tujuan penelitian ini diharapkan dapat; 1) menganalisis desain integrasi ESD untuk pembangunan berkelanjutan pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam di Pascasarjana; 2) menganalisis langkalangkah penerapan integrasi ESD untuk pembangunan berkelanjutan pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam di Pascasarjana; dan 3) menganalisis profil/gambaran model integrasi ESD untuk pembangunan berkelanjutan pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Di Pascasarjana.

Perolehan data dilakukan melalui pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus eksplanatori. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawacara mendalam, observasi, survey, dan uji dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan kondensasi dan display data serta simpulan. Keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas, dependabilitas, konfirmasbilitas, dan transferabilitas data. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan:1) Desain integrasi ESD dalam pembangunan berkelanjutan didasarkan pada kebijakan (Policy) baik secara sentralisasi yang terletak pada tingkat universitas dan desentralisasi yang ada pada setiap program studi; 2) Implementasi yang dapat dilaksanakan pada tingkat universitas seperti melaksanakan konsep kampus hijau. Pada tingkat program studi dapat dilakukan melalui kurikulum formal terstruktur maupun program penunjang lainnya, misalnya gerakan pengelolaan sampah atau pemisahan sampah sesuai kreatifitas masing-masing dari ketua program studi; dan 3) gambara model integrasi berbasis ESD dalam pembanguan berkelanjutan adalah berbasis pendekatan sentral-desentral dalam mencapai SDGs di perguruan tinggi Islam. Dengan langkah-langkah tersebut, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam di Pascasarjana UIN Maliki Malang dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang manajemen Pendidikan Islam, sekaligus juga berkontribusi pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Integrasi ESD; Pencapaian SDGs; Program Studi Manajemen Pendidikan Islam di Pascasarjana
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: INDAH AMINATUZ ZUHRIYAH
Date Deposited: 25 Nov 2024 15:21

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item