Sholeh, Ahmad, Faizah, Maryam
ORCID: https://orcid.org/0000-0002-7669-4091 and Widodo, Iswahyudi
Komunikasi guru agama Islam dalam merdeka belajar untuk pengembangkan profil pelajar Pancasila siswa: Studi kasus di SDI Dewi Masithoh dan MI al-Ma`arif 02 Kabupaten Malang.
Research Report.
LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.
(Submitted)
|
Text
21443.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis tentang komunikasi guru agama Islam untuk pengembangan profil pelajar Pancasila dalam merdeka belajar di SDI Dewi Masyithah dan MI al-Ma`arif 02 Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriftif yang pendekatannya menggunakan studi kasus. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data di penelitian ini mencakup: (1) wawancara mendalam (in-depth interview) (2) Forum Group Discussion (FGD) (3) observasi dan (4) dokumentasi. Sedangkan Analisis datanya mengacu model analisis Miles dan Haberman yang meliputi pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pelaksanaan pengembangan profil pelajar Pancasila itu dilakukan dengan: Pembentukan team, Perencanaan, Pelaksanaan meliputi melalui; Integrasi nilai-nilai pancasila di mapel PAI dan Proyek P5, Partisipasi ortu dan Evaluasi danTindak Lanjut. Selanjutnya ada dua proses dua kegiatan dalam pengembangan profil pelajar Pancasila; pertama, melalui internalisasi dalam berbagai mata pelajaran yang diajarkan di kelas pada umumnya dan kedua, melalui proyek pelaksanaan P5 yang dilakukan pada awalnya dalam satu tahun satu kali pelaksanaan dan sekarang terus dilakukan pengembangannya. Selain itu ditemukan bahwa pola komunikasi guru agama Islam dalam pengembangan profil pelajar Pancasila sangat bervariatif. Hal ini sesuai dengan karakteristik seorang guru agama dan lembaga pendidikannya. Beberapa model hubungan interpersonal yang telah dilakukan oleh guru agama adalah komunikasi dua arah, komunikasi kolaboratif dan komunikasi dialogis. Dari ketiga pola yang ditemukan ada dua pola komunikasi yang sama-sama ada di dua lembaga yang telah diteliti tersebut, yaitu komunikasi dua arah dan komunikasi
kolaboratif. Dan satu yang hanya di satu lembaga yaitu pola komunikasi dialogis. Dalam proses komunikasi ini menjadikan guru agama Islam tidak hanya sebagai pendidik, tetapi juga sebagai orang tua dan teman sejawat untuk internalisasi dimensi profil pelajar pancasila di lembaga pendidikan dasar Islam, sehingga mempunyai implikasi yang baik dalam menumbuhkembangkan profil pelajar Pancasila dalam diri siswa.
| Item Type: | Research (Research Report) |
|---|---|
| Keywords: | Komunikasi Agama Islam; Profil Pelajar Pancasila; Merdeka Belajar |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools |
| Depositing User: | Maryam Faizah |
| Date Deposited: | 28 Nov 2024 10:07 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |

Altmetric
Altmetric