Nafi'ah, Tsaniyah, Ananta, Sauny, Febrianti, Aini and Priatmoko, Sigit ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0968-7163 (2024) Negosiasi kode etik: Studi penilaian moral dosen dan mahasiswa terhadap penggunaan teknologi kecerdasan artifisial. Research Report. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Malang. (Unpublished)
Text
21445.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penilaian moral dosen dan mahasiswa terhadap penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam penyelesaian tugas kuliah di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Menggunakan pendekatan mixed-method dengan desain explanatory sequential, penelitian ini menganalisis data kuantitatif yang dikumpulkan melalui kuesioner serta data kualitatif yang diperoleh dari wawancara dan FGD. Temuan menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa menggunakan AI, seperti ChatGPT, dalam tugas akademik dengan persepsi bahwa penggunaannya membantu efektivitas dan efisiensi. Namun, terdapat perbedaan pandangan antara dosen dan mahasiswa mengenai etika penggunaan AI, khususnya terkait plagiarisme dan orisinalitas. Sebagian besar dosen menggarisbawahi pentingnya regulasi yang lebih tegas untuk memastikan integritas akademik tetap terjaga. Penelitian ini menyoroti kebutuhan mendesak akan kebijakan institusional yang mengatur penggunaan AI di perguruan tinggi guna mencegah penyalahgunaan dan memastikan penggunaannya dilakukan secara etis.
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | Kecerdasan Buatan; Penilaian Moral; Integritas Akademik; Kode Etik; Pendidikan Tinggi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools |
Depositing User: | Sigit Priatmoko |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 13:26 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |