Responsive Banner

Penyesalan muslim milenial: Dampak materialism dan nilai hedonis terhadap pembelian online secara impulsif

Vania, Amelindha ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5742-4304, Putri, Kartika Anggraeni Sudiono ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5533-1769, Budianto, Eka Wahyu Hestya ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4199-2865 and Dzikrullah, Harits Dijani (2024) Penyesalan muslim milenial: Dampak materialism dan nilai hedonis terhadap pembelian online secara impulsif. Research Report. LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img] Text
21764.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh nilai materialisme dan hedonis terhadap perilaku pembelian online impulsif pada generasi muslim milenial sehingga menimbulkan perasaan menyesal. Penelitian ini mengkaji teori SOR (Stimulus-Organism-Response) dan Disonansi Kognitif. Sebanyak 385 responden dipilih untuk pengumpulan data dengan menggunakan teknik purposive sampel dan metodologi survei. Melakukan analisis data menggunakan analisis Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan menggunakan software SMART PLS 3.0. Temuan penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai materialisme dan hedonis mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku pembelian online impulsif generasi Muslim milenial dan mempengaruhi pandangan mereka tentang penyesalan. Nilai-nilai hedonis umat Islam di era milenial juga banyak dipengaruhi oleh materialisme. Topik yang diangkat berfokus pada penanganan ketegangan antara nilai-nilai materialisme dan hedonis yang kerap ditemui generasi muda Muslim milenial sehingga menimbulkan rasa penyesalan di kemudian hari. Saran yang diajukan adalah memasukkan faktor dampak pengendalian diri dan memperluas cakupan kajian untuk mengamati perilaku dalam skala yang lebih luas. Pelaku usaha harus menciptakan tampilan iklan dan desain produk yang menarik secara visual dan khas untuk memikat pelanggan dengan nilai hedonis dan kecenderungan materialistis yang semakin meningkat, yang pada akhirnya mengarah pada pembelian online yang impulsif.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: materialism; hedonic value; online impulsive buying behaviour; regret
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1599 Other Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Faculty of Economics > Department of Management
Depositing User: Amelindha Vania
Date Deposited: 02 Dec 2024 14:51

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Origin of downloads

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item
Sorry the service is unavailable at the moment. Please try again later.