Nur Qomari, Qomari, Tamim Mulloh, Tamim Mulloh ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4140-9377, Qomi' Akit Jauhari, Qomi'
ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4140-9377 and Ihsan Rahman, Ihsan
(2024)
Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Moderasi Beragama di UIN Maliki Malang dan UIN Satu Tulungagung.
Research Report.
LP2M.
(Unpublished)
![]() |
Text
Laporan Penelitian IKI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran bahasa Arab berbasis moderasi agama di dua universitas Islam, yaitu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan analisis deskriptif, penelitian ini mengeksplorasi praktik terbaik dalam mengintegrasikan nilai-nilai moderasi dalam konteks akademik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kedua universitas memiliki arah kebijakan, strategi dan Outcome yang berbeda namun efektif dalam membangun sikap moderat. UIN Maliki Malang mengembangkan program pendidikan agama inklusif dan pelatihan untuk dosen dan mahasiswa untuk mendukung internalisasi moderasi, sementara UIN SATU Tulungagung menerapkan mata kuliah terjemahan dengan teks moderasi dan mendirikan pusat studi khusus untuk memperkuat pemahaman nilai-nilai moderasi. Pendekatan ini meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang konsep moderasi agama dan berkontribusi pada terciptanya lingkungan akademik yang toleran dan
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran, Moderasi beragama, Bahasa arab |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters |
Depositing User: | Nur Qomari |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 09:03 |
Downloads
Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)
![]() |
View Item |