Responsive Banner

Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Moderasi Beragama di UIN Maliki Malang dan UIN Satu Tulungagung

Nur Qomari, Qomari, Tamim Mulloh, Tamim Mulloh ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4140-9377, Qomi' Akit Jauhari, Qomi' ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4140-9377 and Ihsan Rahman, Ihsan (2024) Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Moderasi Beragama di UIN Maliki Malang dan UIN Satu Tulungagung. Research Report. LP2M. (Unpublished)

[img] Text
Laporan Penelitian IKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran bahasa Arab berbasis moderasi agama di dua universitas Islam, yaitu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan analisis deskriptif, penelitian ini mengeksplorasi praktik terbaik dalam mengintegrasikan nilai-nilai moderasi dalam konteks akademik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kedua universitas memiliki arah kebijakan, strategi dan Outcome yang berbeda namun efektif dalam membangun sikap moderat. UIN Maliki Malang mengembangkan program pendidikan agama inklusif dan pelatihan untuk dosen dan mahasiswa untuk mendukung internalisasi moderasi, sementara UIN SATU Tulungagung menerapkan mata kuliah terjemahan dengan teks moderasi dan mendirikan pusat studi khusus untuk memperkuat pemahaman nilai-nilai moderasi. Pendekatan ini meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang konsep moderasi agama dan berkontribusi pada terciptanya lingkungan akademik yang toleran dan

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Pembelajaran, Moderasi beragama, Bahasa arab
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Nur Qomari
Date Deposited: 05 Dec 2024 09:03

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Origin of downloads

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item