Keefektifan Teknik Self Regulated Learning (SRL) untuk Meningkatkan Disiplin Mahasiswa

Febriani, Roiyan One ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6557-1988 and Melinda, Vannisa Aviana ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5157-5611 (2024) Keefektifan Teknik Self Regulated Learning (SRL) untuk Meningkatkan Disiplin Mahasiswa. Research Report. https://drive.google.com/file/d/1GLB-eHzq6VoNMsVM-AS8d8YfhmnsiTJf/view?usp=sharing, KOTA MALANG. (Submitted)

[img] Text
PENELITIAN MANDIRI ONE-VANNISA 2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Disiplin merupakan bentuk perilaku ketaatan dan kepatuhan seorang individu
terhadap nilai dan norma yang ebrlaku di lingkungan masyarakat. Disiplin
merupakan kemampuan mengatur dan mengarahkan kepribadian individu sebagai
pengontrol terhadap diri sendiri. Perilaku disiplin perlu dikembangkan pada diri
mahasiswa. penelityian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan SRL untuk
meningkatkan disiplin mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian
pretest-posttest control group design. Dua belas mahasiswa dipilih sebagai subjek
penelitian melalui teknik pengambilan sampel purposive sampling. Kelompok
eksperimen berjumlah enam orang dan kelompok kontrol berjumlah enam orang.
Kelompok eksperimen diberikan intervensi menggunakan teknik SRL, sedangkan
kelompok kontrol menggunakan pendekatan realita. Analisis data menggunakan uji
Wilcoxon.
Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai uji beda sebesar 0,27 untuk kelompok
eksperimen dan 0,26 untuk kelompok kontrol. Berdasarkan uji hipotesis terbukti H0
ditolak. Hal ini berarti teknik SRL yang digunakan lebih efektif dibandingkan
pendekatan realita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SRL merupakan salah
satu teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan disiplin mahasiswa melalui
konseling kelompok.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Self Regulated Learning, Disiplin, Pendekatan Realita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Roiyan One Febriani
Date Deposited: 05 Dec 2024 13:36

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item