Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam I di SMA Al-Irsyad Surabaya

Barizi, Ahmad ORCID: https://orcid.org/0000-0002-3295-7304, Wahidmurni, Wahidmurni ORCID: https://orcid.org/0000-0002-0719-435X, Basri, Basri and Hoddin, Muhammad Sholeh (2023) Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam I di SMA Al-Irsyad Surabaya. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12 (4). pp. 751-761. ISSN P-ISSN: 2252-8970 E-ISSN: 2581-1754

[img] Text
Sholeh, WM, AB-Implementasi+Moderasi+Beragama+dalam+Pembelajaran+PAI+dan+Budi+Pekerti+di+SMA+Muhammadiyah+1+Sumenep+(1).pdf

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan penguatan moderasi beragama di SMA
Al-Irsyad Surabaya, khususnya pada tiga aspek yang diteliti yaitu konsep kurikulum PAI,
muatan nilai-nilai moderasi beragama dalam kurikulum PAI, dan implementasi PAI dalam
penguatan moderasi beragama. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus dan rancangan multi kasus. Penelitian ini melibatkan pengumpulan data
melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data, yang digunakan adalah
kondensasi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data,
peneliti berdasarkan atas 2 kriteria yaitu triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat melalui
diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan moderasi beragama melalui PAI
melalui: 1) pengembangan kurikulum PAI ke dalam rumpun mata pelajaran dan pengembangan
konten; dan 2) Implementasi PAI dalam penguatan moderasi beragama melalui penggunaan
pendekatan pembelajaran berdeferensiasi dan pembelajaran saintifik dengan mengutamakan 4
(empat) model pembelajaran, yaitu discovery learning, cooperative learning, project based
learning, problem based learning.

Item Type: Journal Article
Keywords: Moderasi Beragama, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Berdeferensiasi, Pembelajaran Saintifik
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220202 History and Philosophy of Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220207 History and Philosophy of the Humanities
Divisions: Graduate Schools > Doctoral Programme > Graduate School of Interdisciplinary Islamic Education
Depositing User: Ahmad Barizi
Date Deposited: 06 Dec 2024 15:12

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item