Implementasi moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Muhammadiyah 1 Sumenep

Hoddin, Muhammad Sholeh, Wahidmurni, Wahidmurni ORCID: https://orcid.org/0000-0002-0719-435X, Basri, Basri and Barizi, Ahmad ORCID: https://orcid.org/0000-0002-3295-7304 (2023) Implementasi moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Muhammadiyah 1 Sumenep. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12 (3). pp. 451-462. ISSN 2252-8970

[img] Text
22161.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan nilai-nilai moderasi beragama dalam kurikulum PAI di SMA Muhammadiyah 1 Sumenep , khususnya pada tiga aspek yang diteliti yaitu konsep kurikulum PAI, muatan nilai-nilai moderasi beragama dalam kurikulum PAI, dan penguatan moderasi beragama dalam pembelajaran PAI. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan rancangan multi kasus. Penelitian ini melibatkan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data, yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data, peneliti berdasarkan atas 2 kriteria yaitu triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan moderasi beragama melalui PAI melalui: 1) pengembangan kurikulum PAI dalam bentuk integrasai kurikulum nasional dan kurikulum kurikulum Al-Islam meliputi aspek Al-Qur’an Hadits, akidah, akhlak, fikih, dan sejarah, yang merupakan bagian dari materi ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab) dan pengembangan konten; dan 2) penguatan moderasi beragama dalam pembelajaran PAI melalui penggunaan pendekatan pembelajaran berdeferensiasi.

Item Type: Journal Article
Keywords: moderasi beragama; Pendidikan Agama Islam; pembelajaran berdeferensiasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040306 Islamic philoshophy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Graduate Schools > Doctoral Programme > Graduate School of Interdisciplinary Islamic Education
Depositing User: Ahmad Barizi
Date Deposited: 05 Dec 2024 10:06

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item