Responsive Banner

Kajian afirmatif pada intelligence and emotional quotient mahasiswa dan pengaruhnya terhadap pembelajaran nahwu (sertifikat hak cipta)

Danial Hilmi, Halimatus Sa'diyah dkk (2024) Kajian afirmatif pada intelligence and emotional quotient mahasiswa dan pengaruhnya terhadap pembelajaran nahwu (sertifikat hak cipta). 000796192.

[img] Text
22182.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Intelligence Quotient dan tingkat Emotional Quotient mahasiswa pada proses pembelajaran nahwu, serta mengetahui penguasaan nahwu mereka di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian ini juga menganalisis pengaruh IQ dan EQ mahasiswa terhadap penguasaan materi nahwu di universitas tersebut.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kombinasi pendekatan kuantitatif yang bermaksud mengukur tingkat Intelligence dan Emotional Quotient mahasiswa terhadap penguasaan materiNahwu. Sementara jenis penelitian yang digunakan adalah studi korelasional yang menghubungkan pengaruh tingkat Intelligence and Emotional Quotient mahasiswa dalam penguasaan materi Nahwu. Data dalam penelitian ini adalah hasil tes pada Intelligence danEmotional Quotient mahasiswa pada pembelajaran Nahwu dan hasil tes pembelajaran Nahwu yang berkaitan dengan penguasaan konsep dan praktiknya dalam penggunaan kaidah. Sumber datanya adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dan mahasiswa Program Studi Humaniora. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, tes, dan interview.

Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik rumust test melalui skema One Sample Tes model Kolmogorov-Smirnov menggunakan SPSS untuk uji normalitas dan uji koefensi melalui model ANOVA untuk mengukur tingkat pengaruh kedua variabel Intelligence Quotient dan Emotional Quotient terhadap variabel penguasaan nahwu.

Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Tingkat Intelligence Quotient mahasiswa pada proses pembelajaran nahwu diUIN MaulanaMalik Ibrahimadalah baik dengan rata-rata 75,31, yang mana mahasiswa dapat menyerap materi nahwu dengan baik dan berkembang sesuai dengan potensi yang optimal. 2) Tingkat Emotional Quotient mahasiswa pada proses pembelajaran nahwu di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah baik dengan rata-rata 70,84 yang mana mahasiswa dapat mengelola emosi pada saat penyajian materi nahwu dengan baik serta dapat berkembangan potensi belajar secara optimal. 3) Tingkat penguasaan nahwu mahasiswa di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah didominasi oleh mahasiswa yang memiliki penguasaan sedang. Penguasaan materi nahwu mahasiswa menunjukkan bahwa 5% mahasiswa memiliki tingkat penguasaan materi nahwu sangat baik dan cakap dalam memahami materi nahwu serta menerapkannya dalam membaca teks Arab, 29% mahasiswa memiliki tingkat penguasaan materi nahwu baik dan cakap dalam memahami dan menerapkannya dalam membaca teks Arab, 47% mahasiswa memiliki tingkat penguasaan materi nahwu sedang dan memahami materi cukup namun kurang mendalam dan kurang dapat menerapkannya dalam membaca teks dengan baik, dan 19% mahasiswa memiliki tingkat penguasaan materi nahwu rendah, sangat lemah dalam memahami materi nahwu terlebih menerapkannya dalam membaca teks Arab dan keterampilan menulis.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Nahwu; Pembelajaran; Emotional Quotient; Intelligence Quotient
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Danial Hilmi
Date Deposited: 09 Dec 2024 09:24

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Origin of downloads

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item