Responsive Banner

Integrasi Education for Sustainable Development (ESD) dalam pembangunan berkelanjutan pada program studi Manajemen Pendidikan Islam di Pascasarjana

Zuhriyah, Indah Aminatuz ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4290-3414, Daroini, Slamet, Astuti, Rini Nafsiati and Suci, Hidayati (2024) Integrasi Education for Sustainable Development (ESD) dalam pembangunan berkelanjutan pada program studi Manajemen Pendidikan Islam di Pascasarjana. Research Report. LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Kota Malang. (Unpublished)

[img] Text
22206.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam terkait Integrasi
Education for Sustainable Development (ESD) Dalam Pengembangan Keberlanjutan
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Di Pascasarjana UIN Malang Di mana
pendekatan tersebut sangat relevan dalam mencapai tujuan pembangunan
berkelanjutan (SDGs) serta menghadapi tantangan global saat ini. Subyek dalam
penelitian adalah Program Studi Manajemen Pendidikan Islam baik pada Strata 2
maupun Strata 3 di Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (Education for Sustainable
Development/ESD) adalah proses pendidikan yang bertujuan untuk memberi para
mahasiswa pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai yang diperlukan untuk
menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan. Berdasarkan fokus penelitian
tersebut, maka tujuan penelitian ini diharapkan dapat; 1) menganalisis desain
integrasi ESD untuk pembangunan berkelanjutan pada Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam di Pascasarjana; 2) menganalisis langka-langkah penerapan
integrasi ESD untuk pembangunan berkelanjutan pada Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam di Pascasarjana; dan 3) menganalisis profil/gambaran model
integrasi ESD untuk pembangunan berkelanjutan pada Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam Di Pascasarjana.
Perolehan data dilakukan melalui pendekatan penelitian kualitatif dengan
jenis studi kasus eksplanatori. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
wawacara mendalam, observasi, survey, dan uji dokumentasi. Analisis data
dilakukan melalui tahapan kondensasi dan display data serta simpulan. Keabsahan
data dilakukan dengan uji kredibilitas, dependabilitas, konfirmasbilitas, dan
transferabilitas data.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan:1) Desain integrasi ESD
dalam pembangunan berkelanjutan didasarkan pada kebijakan (Policy) baik secara
sentralisasi yang terletak pada tingkat universitas dan desentralisasi yang ada pada
setiap program studi; 2) Implementasi yang dapat dilaksanakan pada tingkat
universitas seperti melaksanakan konsep kampus hijau. Pada tingkat program studi
dapat dilakukan melalui kurikulum formal terstruktur maupun program penunjang
lainnya, misalnya gerakan pengelolaan sampah atau pemisahan sampah sesuai
kreatifitas masing-masing dari ketua program studi; dan 3) gambara model integrasi
berbasis ESD dalam pembanguan berkelanjutan adalah berbasis pendekatan sentral
desentral dalam mencapai SDGs di Perguruan tinggi Islam. Dengan langkah
langkah tersebut, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam di Pascasarjana UIN
Maliki Malang dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang
manajemen Pendidikan Islam, sekaligus juga berkontribusi pada pencapaian tujuan
pembangunan berkelanjutan.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Integrasi ESD, Pencapaian SDGs, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam di Pascasarjana.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Graduate Schools > Doctoral Programme > Graduate School of Islamic Education Management
Depositing User: INDAH AMINATUZ ZUHRIYAH
Date Deposited: 09 Dec 2024 13:50

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item