Pengaruh problem-based learning berbasis flipped classroom terhadap moral reasoning dan self-directed learning mahasiswa PGMI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Priatmoko, Sigit ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0968-7163, Sugiri, Wiku Aji ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5757-5540, Ashari, Moh. Hasan and Salsabila, Helga (2024) Pengaruh problem-based learning berbasis flipped classroom terhadap moral reasoning dan self-directed learning mahasiswa PGMI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Research Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M).

[img] Text
22223.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbasis Flipped Classroom terhadap moral reasoning dan self-directed learning (SDL) mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendanaan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada tahun anggaran 2024.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Mahasiswa PGMI yang terlibat dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang diajarkan menggunakan model PBL berbasis Flipped Classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur apakah model pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan moral reasoning dan self-directed learning mahasiswa.
Beberapa tahapan penelitian dilakukan sebelum eksperimen dimulai, yaitu studi literatur mengenai PBL, Flipped Classroom, moral reasoning, dan SDL, pengamatan awal di lapangan, serta analisis kebutuhan berdasarkan pengamatan tersebut. Hasil dari analisis ini digunakan untuk mengembangkan model pembelajaran PBL berbasis Flipped Classroom yang disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa PGMI. Skenario eksperimen kemudian disusun dan dilakukan dengan mengukur perubahan pada kedua variabel tersebut melalui post-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbasis Flipped Classroom memiliki dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan moral reasoning dan self-directed learning mahasiswa. Setelah mengikuti pembelajaran, terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa mahasiswa yang terlibat dalam model pembelajaran ini menunjukkan peningkatan dalam kemampuan mereka untuk berpikir moral dan lebih aktif dalam merencanakan serta mengevaluasi proses pembelajaran mereka secara mandiri.
Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa model PBL berbasis Flipped Classroom memberikan ruang bagi mahasiswa untuk lebih aktif dalam diskusi dan pemecahan masalah, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam berkolaborasi dengan teman sekelas. Hal ini berkontribusi pada perkembangan keterampilan komunikasi, kerja sama, dan kepemimpinan mahasiswa.
Kesimpulannya, penerapan model Problem-Based Learning berbasis Flipped Classroom terbukti efektif dalam meningkatkan moral reasoning dan self-directed learning mahasiswa PGMI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran di pendidikan tinggi, terutama di bidang pendidikan guru, serta dapat dijadikan referensi dalam penyusunan kurikulum yang lebih relevan dan inovatif untuk menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21.

Item Type: Research (Research Report)
Additional Information: Contact Person: Wiku Aji Sugiri / 082257057944
Keywords: Problem-based learning; flipped classroom; self-directed learning; moral reasoning
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Wiku Aji Sugiri
Date Deposited: 09 Dec 2024 11:19

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item