SQ3R SEBAGAI LANGKAH PRAKTIS DALAM MEMAHAMI TEKS QIRA’AH

Huda, Nurul, Fikri, Shofil ORCID: https://orcid.org/0000-0003-2679-6660 and Wargadinata, Wildana ORCID: https://orcid.org/0000-0001-7972-0462 (2024) SQ3R SEBAGAI LANGKAH PRAKTIS DALAM MEMAHAMI TEKS QIRA’AH. Nady Al-Adab, 21 (3). pp. 28-37. ISSN ISSN Print: 1693-8135 | ISSN Online: 2686-4231

[img] Text
jna-review-assignment-36800-SQR-127084.pdf

Download (399kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi efektivitas metode SQ3R
(Survey, Question, Read, Recite, Review) sebagai langkah praktis dalam memahami teks
qira’ah serta respon siswa MTS Al-Hidayah batu terhadap penerapan metode ini. SQ3R
merupakan teknik pembelajaran yang dirancang untuk membantu siswa membaca dan
memahami teks dengan lebih efektif dan terstruktur. Dalam konteks pembelajaran qira’ah,
metode ini mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran, mulai dari
mengidentifikasi informasi penting hingga mengingat dan mengaplikasikan pengetahuan
yang diperoleh. Penelitian ini menggunakan metode kulalitatif dengan pendekatan deskriptif,
jenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SQ3R
sebagai langkah praktik dalam memahami teks dapat dipaparkan secara ringkas yaitu
dengan menerapkan beberapa tahapan yaitu, survey, question, read, recite dan review, Yang
merupakan sebuah metode dalam memahami teks bacaan dengan proses bertahap, hal ini
berdampak membantu memicu daya ingat yng kuat, dapat membantu menyerap intisari
bacaan yang dibacanya dan memperoleh sesuatu dari kegitan membaca yang dibacanya,
metode ini memiliki dampak dalam membantu siswa memahami materi qira’ah. Respon siswa
terhadap metode ini dapat dilihat dari hasil data quasioner yang menunjukkan bahwa rata
rata siswa menyatakan positif, mereka merasa lebih terbantu dalam menyerap informasi dan
merasa lebih percaya diri dalam memahami materi yang lebih kompleks. Oleh karena itu,
metode SQ3R diakui sebagai pendekatan yang efektif dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran qira’ah dan mendapatkan respon yang baik dari siswa

Item Type: Journal Article
Keywords: SQ3R; Langkah praktis; Memahami Teks Qira’ah
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Arabic Language Education
Depositing User: Prof. Dr. Wildana Wargadinata, Lc., M.Ag
Date Deposited: 10 Dec 2024 09:27

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item