Responsive Banner

Pembelajaran Bahasa Arab menggunakan media gambar di kelas Sains dan Teknologi (ST) 19

Abqoriya, Rifqi ORCID: https://orcid.org/0009-0001-6329-7089 Pembelajaran Bahasa Arab menggunakan media gambar di kelas Sains dan Teknologi (ST) 19. Research Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. (Unpublished)

[img] Text
laporan penelitian mandiri Rifqi Abqoriya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Media Gambar Di Kelas Sains Dan Teknologi (ST) 19 menjadi suatu fakta materi yang relatif berat untuk dikuasai. Hal itu dikarenakan latar belakang pendidikan mahasiswa yang berbeda-beda. Pembelajaran yang inovatif dan menarik tentu akan membuat mahasiswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, media menjadi salah satu faktor penentu berhasil tidaknya suatu proses belajar-mengajar. Tanpa media, tujuan pembelajaran tidak akan tercapai dengan maksimal. Oleh karena itu Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas Sains Dan Teknologi (ST) 19 menggunakan media gambar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pembelajaran bahasa Arab menggunakan media gambar di Kelas Sains Dan Teknologi (ST) 19, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun objek penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Arab menggunakan media gambar pada kelas Sains Dan Teknologi (ST) 19. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah, Dosen Bahasa Arab, dan mahasiswa Kelas ST 19. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab menggunakan media gambar di kelas Sains Dan Teknologi (ST) 19 diawali dari langkah pesiapan, meliputi penyusunan perangkat, mempersiapkan jurnal, absensi mahasiswa, dan menyiapkan media gambar yang sesuai dengan materi pembelajaran yang akan dibahas. Pada langkah pelaksanaan dosen menjelaskan materi dan memberikan tugas kepada mahasiswa untuk mendeskripsikan gambar yang dilihatnya dan menjodohkan kata yang sesuai dengan gambar. Langkah terakhir yaitu kegiatan tindak lanjut dengan evaluasi, yaitu evaluasi tertulis dan evaluasi tidak tertulis. Evaluasi tertulis dengan mengerjakan tugas di buku kerja mahasiswa, dan evaluasi tidak tertulis dengan penilaian praktik

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Media Gambar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Technology > Department of Informatics Engineering
Depositing User: M.Pd Rifqi Abqoriya
Date Deposited: 10 Dec 2024 14:45

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Origin of downloads

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item