Erwhintiana, Ifi and Basid, Abdul (2017) Analisis Diagnostik Kesulitan Belajar Maharah Kalam Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab Angkatan 2017 dalam Perspektif Edwin R. Guthrie. In: Prosiding Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa I Tahun 2017. UM Press, Malang, pp. 109-124. ISBN 2598 - 0637 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.
|
Text (full text)
2246.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (217kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab kesulitan belajar maharah kalam mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab 2017 dalam perspektif Guthrie, dan memberikan problem solver melalui teori Guthrie. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif yang berupaya untuk mendeskripsikan kesulitan belajar mahasiswa dalam maharah kalam. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab semester Iperiode 2017/2018 yang menempuh mata kuliah maharah kalam di PKPBA. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data melalui observasi. Wawancara. dokumentasi. Kemudian peneliti menggunakaan Trianggulasi sumber sebagai validitas data. Adapun peneliti menganalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka peneliti memperoleh (1) Bentuk-bentukkesulitan belajar maharah kalam mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab, yakni susahnya berbicara bahasa arab dengan fasih dan lancar, dan sulitnya memahami kalam arab.(2) Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar maharah kalam mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab. Adapun peneliti mengkategorikan faktor tersebut menjadi dua faktor yaitu faktor instrinsik dan ekstrinsik, faktor instrinsik mahasiswa berasal dari kurangnya penguasaan mufrodat (kosakata) sebanyak 40%, kurangnya rasa percaya diri sebanyak 27%, sulitnya mengungkapkan kata sebanyak 23%, management waktu sebanyak 2%. Adapun faktor ekstrinsik mahasiswa berasal dari kurangnya lingkungan yang mendukung sebanyak 7%. Oleh karena itu, sangat penting adanya penerapan teori guthrie sebagai problem solver dalam mengatasi kesulitan belajar mahasiswa terhadap maharah kalam. . (3) Penerapan teori guthrie sebagai problem solver atas kesulitan belajar mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab 2017 terhadap maharah kalam. Adapun penerapannya yakni dengan a. penerapan one day one vocab, b. pengaplikasian kosakata menjadi sebuah percakapan tertulis, c. Praktek muhadatsah dari hail percakapan tertulis seminggu sekali. Beberapa alternatif diatas sangat membantu mahasiswa dalam mempelajari maharah kalam, sehingga mereka tidak perlu merasa jenuh dan gelisah untuk memahami maharah tersebut. Dikarenakan mereka akan menemukan metode pembelajaran yang tersistematis, praktis, dan efektif, serta inovatif
Item Type: | Book Section |
---|---|
Keywords: | Analisis Diagnostik; Kesulitan Belajar; Maharah Kalam; Teori Guthrie |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021401 Maharat al-Kalam (Speaking Skill) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation) 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Depositing User: | Abdul Basid |
Date Deposited: | 29 Dec 2017 22:57 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |