Disekuilibrium Kompetensi dan Performansi Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab dalam Debat Bahasa Arab Berdasarkan Perspektif Noam Chomsky

Retnani, Rahna Mahesi and Basid, Abdul (2017) Disekuilibrium Kompetensi dan Performansi Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab dalam Debat Bahasa Arab Berdasarkan Perspektif Noam Chomsky. In: Prosiding Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa I Tahun 2017. UM Press, Malang, pp. 145-170. ISBN 2598 - 0637

[img]
Preview
Text (full text)
2248.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (297kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, faktor, dan solusi Disekuilibrium kompetensi dan performansi Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab dalam debat Bahasa Arab berdasarkan perspektif Noam Chomsky.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan jika ditinjau dari teknik pengumpulan datanya penelitian ini juga disebut sebagai penelitian lapangan. Sumber Data penelitian ini diperoleh dari video dokumentasi debat mahasiswa BSA yang mengikuti beberapa even perlombaan debat Bahasa Arab dan hasil wawancara para Debaters Mahasiswa BSA. Teknik pengumpulan data adalah teknik tonton dan wawancara. Peneliti menggunakan teknik pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yang terdiri dari empat langkah yaitu; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.

Hasil Penelitian ini adalah: Pertama, bentuk disekuilibrium kompetensi dan Performansi Mahasiswa adalah: Pembicara gugup saat menyampaikan argumentasi yang terlihat dari pembicara yang membetulkan posisi pengeras suara yang sebetulnya sudah benar, pembicara mengulang ulang kalimat yang sama, terdapat kesalahan dalam penyebutan kosa kata Bahasa Arab, terdapat kesalahan dalam penggunan struktur kalimat, terdapat interferensi struktur Bahasa Indonesia. Faktor-faktor yang mempengaruhi Disekuilibrium kompetensi dan performansi Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab dalam debat bahasa arab adalah: Kurangnya minat dan motivasi membaca materi debat, kurangnya pemahaman materi debat secara mendetail, kurangnya perbendaharaan kosa kata Bahasa Arab, kurangnya pembiasaan dan latihan berbicara bahasa Arab, kurangnya rasa percaya diri, dan kurangnya membaca situasi tim lawan. Solusi yang dapat membantu mengatasi Disekuilibrium kompetensi dan performansi Mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab dalam debat bahasa arab adalah memperbanyak membaca materi debat beserta kosa kata, solusi kedua adalah meperbanyak latihan berbicara Bahasa Arab, kemudian solusi yang lain adalah selalu mengikuti perlombaan Debat Bahasa Arab.

Item Type: Book Section
Keywords: Disekuilibrium; Kompetensi; Performansi; Debat; Mahasiswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Abdul Basid
Date Deposited: 29 Dec 2017 15:55

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item