Early childhood teachers emotional labor in Indonesia

Mukhlis, Akhmad ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8901-5481, Elvira, Melly ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6047-5348 and Santoso, Sandy Tegariyani Putri ORCID: https://orcid.org/0000-0002-0523-1727 (2024) Early childhood teachers emotional labor in Indonesia. Research Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Malang.

[img] Text
22525.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)

Abstract

Mengendalikan dan mengelola emosi merupakan bagian tidak terpisahkan dari pekerjaan seorang guru, terutama guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Oleh karena itu, kerja emosional dalam praktek pendidikan anak usia dini sering disebut sebagai hal vital dan kredibel. Mengingat profesi guru biasanya digambarkan sebagai sesuatu yang dilakukan dengan sepenuh hati, membutuhkan interaksi interpersonal yang intens, komitmen emosional yang kuat, dan manajemen emosional yang baik. Sama seperti banyak sektor pekerjaan lainnya, seorang pekerja dituntut untuk mengelola perasaan batin dan mengekspresikan emosi untuk memenuhi pesryaratan pekerjaan dan menguntungkan organisasi saat melakukan interaksi.Fenomena ini disebut sebagai kerja emosional

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Kerja Emosional
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Early Childhood Education
Depositing User: Melly Elvira
Date Deposited: 18 Dec 2024 09:39

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item