Responsive Banner

Pelatihan integrasi ESD berbasis ekopesantren dalam pengembangan pembelajaran bagi guru di SMP Al-Rifai Gondanglegi Malang (sertifikat hak cipta)

Moh. Padil, Indah Aminatuz Zuhriyyah, dkk (2024) Pelatihan integrasi ESD berbasis ekopesantren dalam pengembangan pembelajaran bagi guru di SMP Al-Rifai Gondanglegi Malang (sertifikat hak cipta). 000819361.

[img] Text
22600.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi integrasi Education for Sustainable Development (ESD) dan prinsip-prinsip Ekopesantren dalam pengembangan profesional guru guna meningkatkan praktik pedagogis di SMP Al-Rifa'i Gondanglegi, Malang. Penelitian ini mengkaji efektivitas integrasi tersebut dalam meningkatkan kompetensi mengajar serta tantangan yang dihadapi selama implementasi. Pendekatan mixed-methods digunakan dalam penelitian ini, dengan menggabungkan teknik pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur yang diberikan kepada 30 guru dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Data kualitatif diperoleh dari wawancara semi-terstruktur dan diskusi kelompok terfokus (FGD) dengan guru yang dipilih, dan dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat integrasi ESD dan prinsip-prinsip Ekopesantren dalam praktik pengajaran berada pada kategori tinggi, dengan skor rata-rata keseluruhan 4,35 dari 5. Penelitian ini juga menemukan peningkatan signifikan dalam kompetensi mengajar setelah pelatihan, dengan peningkatan rata-rata sebesar 0,7 poin pada berbagai aspek pedagogis (p < 0,001). Guru-guru memandang integrasi ini sebagai hal yang relevan dan bermanfaat, terutama dalam menyelaraskan keberlanjutan dengan nilai-nilai Islam. Namun, tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan kurangnya dukungan kebijakan diidentifikasi sebagai hambatan dalam implementasi penuh. Implikasi yang didapat
Integrasi prinsip-prinsip ESD dan Ekopesantren dalam pengembangan profesional guru menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di sekolah-sekolah Islam.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Education for Sustainable Development; Ekopesantren; Pengembangan Profesional Guru; kompetensi Pedagogis
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Research and Community Service (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat)
Depositing User: Moh Padil
Date Deposited: 13 Dec 2024 13:50

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item