Armedi, Rama, Sodikin, Satria and Asrori, Mohammad ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5673-9512
(2024)
Implementation of Religious Moderation in Islamic Religious Education: A Systematic Review.
Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 8 (2).
pp. 4367-4377.
ISSN 2580-0469
![]() |
Text
22892.pdf - Published Version Download (313kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji implementasi moderasi beragama dalam konteks pendidikan agama Islam di Indonesia. Permasalahan yang dikaji adalah tantangan ekstrimisme dan intoleransi dalam masyarakat Islam di Indonesia, serta urgensi pendidikan moderat sebagai solusi untuk mempromosikan toleransi dan keseimbangan dalam kehidupan beragama. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kajian pustaka terhadap ertikel jurnal yang relevan dengan tema implementasi moderasi beragama. Temuan utama dari penelitian ini adalah bahwa integrasi nilai-nilai moderasi dalam kurikulum, pelatihan bagi pendidik, dan dialog antar stake holder menjadi kunci dalam menciptakan lingkungan pendidikan inklusif dan harmonis
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | moderasi beragama; pendidikan agama Islam; toleransi; integrasi kurikulum. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education |
Depositing User: | Mufid Mufid |
Date Deposited: | 28 Dec 2024 13:22 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |