Responsive Banner

Pengembangan bahan ajar studi Quran Hadits dan pengaruhnya terhadap hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan IPS (sertifikat hak cipta)

Imam Wahyu Hidayat (2024) Pengembangan bahan ajar studi Quran Hadits dan pengaruhnya terhadap hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan IPS (sertifikat hak cipta). 000586364.

[img] Text
23126.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Studi Quran dan Hadits merupakan mata kuliah wajib yang harus di pelajari oleh setiap mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, khususnya mahasiswa Pendidikan IPS. Hal tersebut sesuai dengan visi misi UIN Malang yaitu terwujudnya pendidikan tinggi integratif dalam memadukan sains dan Islam yang bereputasi internasional. Perguruan tinggi Islam saat ini berorentasi mewujudkan integrasi ilmu-ilmu islam dan ilmu-ilmu sains Akan tetapi, pada kenyataannya bahwa tingginya ketergantungan mahasiswa terhadap buku tidak ditunjang dengan ketersediaan buku Studi Quran Hadits yang menjelaskan bagaimana ayat dan hadits tersebut di tafsirkan secara detail. Karena tidak semua mahasiswa Pendidikan IPS UIN malang berasal dari pondok pesantren, yang mana di pondok pesantren ilmu quran dan hadits sudah di jelaskan secara terperinci. Jika hal tersebut terjadi secara berkelanjutan, dapat berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan observasi awal terhadap mahasiswa prodi PIPS di UIN MALIKI Malang, kebanyakan kesulitan yang mereka alami saat perkuliahan, yaitu keterbatasan sumber buku studi Quran Hadits yang secara terperinci sebagai penunjang pembelajaran.
Dari paparan argument diatas bahwa perlunya pengembangan buku studi quran hadits sebagai bahn ajar pada kegiatan belajar mengajar dan penelitian ini bertujuan; 1) Mengetahui kalayakan hasil pengembangan bahan ajar Studi Quran Hadits dan islam di UIN MALIKI Malang. 2) Mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar Studi Quran Hadits pada hasil belajar mahasiswa prodi PIPS, UIN MALIKI Malang.
Pengembangan Dick dan Carey dengan tahapan: (1) analisis buku, (2) identifikasi silabus, (3) analisis materi, (4) penyusunan buku, (5) validasi ahli, (6) revisi produk, (7) uji coba lapangan, dan (8) revisi akhir produk buku. Instrumen yang digunakan, yaitu 1) angket validasi ahli (materi, desain, dan integrasi sains-Islam) dan uji coba kepada mahasiswa dan dosen untuk mengetahui kelayakan prosuk dan 2) soal postes untuk mengetahui data hasil belajar mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kelayakan produk dan uji t untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar mahasiswa.

Berdasarkan hasil semua rekapitulasi dapat disimpulkan bahwa buku Geografi Kebencanaan terintegrasi Sains-Islam telah memenuhi standar layak (nilai 81,08%). Hal ini terbukti dengan hasil validasi ahli, uji coba mahasiswa dan dosen menunjukkan bahwa bahan buku berada pada kualifikasi efektif.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Pengembangan bahan ajar; Buku Studi Quran Hadits; PTKI
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: imam wahyu hidayat
Date Deposited: 13 Jan 2025 15:21

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Origin of downloads

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item