Rosyidi, Abdul Wahab (2012) Menengok kembali kurikulum bahasa Arab dan pembelajarannya. Presented at pendampingan guru bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Se-Kota Malang, 2012, Malang.
|
Text (full text)
2315.pdf - Submitted Version Download (346kB) | Preview |
Abstract
Pelajaran Bahasa Arab di madarasah memiliki tujuan; Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulis, yang mencakup empat keterampilan berbahasa, menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah). Disamping itu menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam, dan mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya. Oleh karena itu, bahasa Arab di madrasah dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi dasar berbahasa, yang mencakup empat keterampilan berbahasa yang diajarkan secara integral, (Istima’, Kalam, Qiro’ah, dan Kitabah). Namun demikian, pada tingkat pendidikan dasar (Ibtida’) dititikberatkan pada kecakapan menyimak dan berbicara sebagai landasan berbahasa. Pada tingkat pendidikan menengah (Mutawassid), keempat keterampilan berbahasa diajarkan secara seimbang. Adapun pada tingkat pendidikan lanjut (mutaqoddim) difokuskan pada keterampilan membaca dan menulis, sehingga peserta didik diharapkan mampu mengakses berbagai referensi berbahasa Arab . Demikian cita-cita ideal kurikulum bahasa Arab, akan tetapi bagaimana kenyataan dalam implementasinya di madrasah? Apakah sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan tersebut?
Item Type: | Seminar and Workshop |
---|---|
Keywords: | pengembangan kurikulum; pengajaran bahasa Arab |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education |
Depositing User: | Abdul Wahab Rosyidi |
Date Deposited: | 05 Feb 2018 12:59 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |