Maslihah, Anis, Aziroh, Khisma Maula Umadatul and Bashith, Abdul ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4678-3891
(2025)
Strategi efektif dalam evaluasi penilaian pembelajaran berbasis HOTS untuk meningkatkan kompetensi kognitif siswa sekolah dasar.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 12 (1).
pp. 94-106.
ISSN 2620-6641
|
Text
23394.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (182kB) | Preview |
Abstract
Penilaian pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) menjadi fokus penting dalam meningkatkan kompetensi kognitif siswa. Berbagai strategi pembelajaran telah diterapkan untuk meningkatkan HOTS, namun efektivitasnya masih perlu dievaluasi lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi efektif dalam evaluasi penilaian pembelajaran berbasis HOTS guna meningkatkan kompetensi kognitif siswa. Dengan menggunakan metode riset perpustakaan yang bersumber dari buku, jurnal dan sumber lain terkait. Dengan hasil bahwa penelitian menunjukkan bahwa evaluasi berbasis HOTS tidak hanya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kritis siswa tetapi juga mendorong inovasi dalam proses pembelajaran oleh pendidik. Strategi evaluasi berbasis HOTS dapat melibatkan penggunaan alat dan metode yang mendorong siswa untuk menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan berdasarkan pengetahuan yang mereka miliki. Dengan penerapan evaluasi berbasis HOTS, pendidik dapat membantu menumbuhkembangkan siswa secara menyeluruh, baik dari segi kognitif maupun keterampilan sosial dan emosional. Penelitian ini menekankan bahwa. Maka artikel ini menekankan bahwa pengembangan evaluasi berbasis HOTS sangat penting untuk meningkatkan kompetensi kognitif siswa dalam rangka peningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di masa depan.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | strategi efektifitas evaluasi; penilaian berbasis HOTS; kompetensi kognitif siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education |
Depositing User: | Bashith Abdul |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 10:19 |
Downloads
Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)
![]() |
View Item |