Responsive Banner

Inovasi strategi pembelajaran bahasa Arab tingkat dasar, menegah dan perguruan tinggi: Analisis kajian disertasi program Doktor Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Rosyidi, Abdul Wahab ORCID: https://orcid.org/0000-0001-7406-9885, Machmudah, Umi, Roziki, Khafid ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4715-888X and Abdurrauf, Abdurrauf (2024) Inovasi strategi pembelajaran bahasa Arab tingkat dasar, menegah dan perguruan tinggi: Analisis kajian disertasi program Doktor Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Research Report. LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang.

[img] Text
23431.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lembaga pendidikan formal atau non formal yang berusaha memberikan layanan pembelajaran bahasa Arab yang cepat, tepat, mudah, belum sepenuhnya terwujud dengan baik. Banyak lembaga yang mmbelajarkan bahasa Arab dengan strategi sebisanya dan seadanya. Mereka belum banyak melakukan analisa kebutuhan terhadap penggunaan strategi, metode, dan teknik apa yang seharusnya tepat dan sesuai. Sehingga sampai saat ini pembelajarannya masih terkesan belum profesional dan terkesan sulit dipelajari. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis prespektif teori yang digunakan dalam Inovasi pengembangan strategi pembelajaran bahasa Arab dan mendeskripsikan bentuk hasil inovasi pengembagan strategi pembelajarannya dalam objek kajian disertasi mahasiswa pada tingkat Dasar, Menengah dan Perguruan Tinggi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian library research, dimana objek yang dipilih adalah disertasi yang ditulis mahasiswa Program Studi Doktor Pendidikan bahasa Arab. Data meliputi data primer yang berupa disertasi yang dihasilkan oleh mahasiswa Program Doktor. Dan data skunder berupa dokumen lain seperti kurikulum, silabus, modul, Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dengan teknik analisis data meliputi redukksi, kategorisasi, trianggulas penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian mrnunjukkan bahwa; landasan teori inovasi pengembangan strategi pembelajaran bahasa Arab pada tingkat Dasar, Menengah, dan Perguruan Tinggi mencakup; Teori Multiple Intelgensi, Strategi Mikro Robert Mill Gagne, Kontekstual, Kontruktivisme (PJBL), dan HOTs. Sedangkan bentuk inovasi pengembangan strategi pembelajaran bahasa Arab tingkat dasar, menengah dan perguruan tinggi meliputi; 1) Rumusan tujuan pembelajaran yang diadaptasikan dengan teori yang digunakan, 2) Pengembangan bahan ajar yang disesuikan dengan tujuan, 3) Langkah-langkah pembelajaran yang dipadukan antaran konvensional dan inovatif, 4) Media pembelajaran konvensional dan pemanfaatan teknologi serta platfon digital, dan 5) Evaluasi pembelajaran dengan multi model (Autentic, portopolio, formatif dan sumatif)

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Inovasi Strategi; bahasa Arab; Kajian Disertasi
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Khafid Roziki
Date Deposited: 17 Mar 2025 11:46

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Origin of downloads

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item