Responsive Banner

Level penalaran aljabar siswa dalam menyelesaikan soal model PISA ditinjau dari gaya kognitif Witkin

Nursirot, Mohammad Arul Sholehuddin, Masamah, Ulfa ORCID: https://orcid.org/0000-0001-8412-7153 and Abdussakir, Abdussakir ORCID: https://orcid.org/0000-0002-2764-4311 (2025) Level penalaran aljabar siswa dalam menyelesaikan soal model PISA ditinjau dari gaya kognitif Witkin. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 7 (1). pp. 14-29. ISSN 2655-8750

[img]
Preview
Text
23471.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penalaran aljabar merupakanproses penggeneralisasianide-ide matematika melalui gagasan logis yang melibatkan pola, hubungan antar variabel, serta analisis struktur abstrak dalammenyusun argumen matematis yang valid. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengkaji level penalaran aljabar siswa dalam menyelesaikan soal model PISA ditinjau dari gaya kognitif Witkin. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas VIII MTsN Kota Batu. Data penelitian dikumpulkan melalui tes tertulis, think aloud, wawancara berbasis tugas, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan metode constant comparative yang mencakup tahap reduksi, kategorisasi, sintesisasi, dan penyusunan teori substantif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field dependent dapat mengidentifikasi keteraturan pola, tetapi mengalami kesulitan dalam merancang variabel dan menyusun rumus sebagai hasil dari proses generalisasi, sehingga penalaran aljabarnya berada pada level 1. Sementara itu, siswa dengan gaya kognitif field independent dapat melakukan simbolisasi matematis, melakukan generalisasi, dan membuat rumus, namun belum mampu memformulasikan variabel secara konsisten. Siswa field independentjuga belum memanfaatkan rumus yang diperoleh untuk menyelesaikan soal, sehingga penalaran aljabarnya berada pada level 2. Perbedaan gaya kognitif siswa memengaruhi kemampuan mereka dalam memahami, merumuskan, dan menerapkan konsep penalaran aljabar, termasuk dalam memilih strategi penyelesaian yang tepat serta konsistensi dalam generalisasi matematis.

Item Type: Journal Article
Keywords: gaya kognitif Witkin; level; penalaran aljabar; soal model PISA
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education
Depositing User: Abdussakir Abdussakir
Date Deposited: 25 Mar 2025 10:12

Downloads

Downloads per month over past year

Loading...

Origin of downloads

Loading...

Actions (login required)

View Item View Item