Responsive Banner

Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal transformasi geometri pada etnomatematika batik kawung berdasarkan teori Newman

Primrose, Ailsa Tsabita and Masamah, Ulfa ORCID: https://orcid.org/0000-0001-8412-7153 (2025) Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal transformasi geometri pada etnomatematika batik kawung berdasarkan teori Newman. E-DuMath, 11 (1). pp. 1-12. ISSN 2356-2056

[img]
Preview
Text
23644.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (310kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kesulitan yang dihadapi siswa dalam memahami konsep refleksi pada geometri, khususnya melalui pendekatan etnomatematika dengan menggunakan motif Batik Kawung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang melibatkan 30 siswa kelas 9A SMP Islam Sawahan Turen. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara terstruktur, yang berfokus pada proses pemecahan masalah siswa. Teori kesalahan Newman diterapkan untuk menganalisis kesalahan yang terjadi pada lima tahapan: membaca soal, memahami soal, mentransformasikan informasi, mengaplikasikan keterampilan matematika, dan menuliskan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan utama dalam memahami rumus refleksi dan cara mengaplikasikannya dalam soal. Selain itu, kesulitan dalam mengidentifikasi informasi penting dalam soal, menyusun langkah-langkah penyelesaian secara terstruktur, dan memberikan jawaban yang jelas juga menjadi hambatan signifikan. Penelitian ini menyoroti pentingnya penguatan konsep dasar refleksi, kemampuan siswa dalam mengekstraksi informasi penting, serta pengembangan keterampilan pemecahan masalah secara sistematis. Rekomendasi dari penelitian ini termasuk integrasi materi yang lebih visual dan relevan secara budaya, seperti motif Batik Kawung, dalam pembelajaran transformasi geometri untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Pendekatan ini dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih kontekstual dan mudah dipahami bagi siswa, mendukung pemahaman mereka terhadap konsep matematika yang abstrak.

Item Type: Journal Article
Keywords: Refeksi; Batik Kawung; Pemecahan Masalah; Teori Newman
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education
Depositing User: Ulfa Masamah
Date Deposited: 09 May 2025 13:38

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item