Ubaidillah, Moch, Hasaniyah, Nur
ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5262-3435 and Anshory, Abdul Muntaqim Al
(2025)
Pemanfaatan aplikasi Fun Easy Arabic untuk pembelajaran istima’ di Darul Lughah Kanzun Najah Kota Batu.
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4 (1).
pp. 47-54.
ISSN 2961-9386
|
Text
23869.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (312kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan aplikasi Fun Easy Arabic dalam pembelajaran keterampilan istima' di Darul Lughah Kanzun Najah Kota Batu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan santri dalam menyimak, memahami pemahaman, serta menirukan pelafalan yang benar. Aplikasi ini menyediakan materi audio yang jelas dan berulang, serta fitur visualisasi yang memperkuat pemahaman makna. Selain itu, pendekatan pembelajaran berbasis permainan dalam aplikasi ini juga berhasil meningkatkan motivasi santri untuk berlatih secara mandiri. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan perangkat dan jaringan internet, penggunaan aplikasi ini secara keseluruhan mendukung pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif, serta sejalan dengan teori pembelajaran bahasa kedua yang relevan. Berdasarkan temuan ini, aplikasi Fun Easy Arabic dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan istima' bahasa Arab.
| Item Type: | Journal Article |
|---|---|
| Keywords: | Pemanfaatan Aplikasi; Pembelajaran Istima’; Fun Easy Arabic; Blended Learning |
| Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics |
| Divisions: | Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters |
| Depositing User: | Nur Hasaniyah |
| Date Deposited: | 16 Jun 2025 13:55 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Dimensions
Dimensions