Sholihah, Wardatus, Mukhlis, Akhmad
ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8901-5481, Fitriah, Nurlaeli
ORCID: https://orcid.org/0000-0001-8734-1577 and Erfantinni, Imroatul Hayyu
ORCID: https://orcid.org/0000-0001-6485-3529
(2025)
Pengaruh intensitas bermain gawai terhadap perilaku agresif anak usia dini.
Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (1).
pp. 505-520.
ISSN 2723-6390
|
Text
24304.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas bermain gawai terhadap perilaku agresif anak usia dini di Kecamatan Lowokwaru. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, penelitian melibatkan 40 anak usia 2–6 tahun dari tiga sekolah. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan One Sample T-Test, regresi linier sederhana, serta analisis deskriptif dengan bantuan SPSS. Hasil menunjukkan bahwa intensitas bermain gawai berpengaruh signifikan terhadap perilaku agresif anak, dengan nilai t hitung (31,472) > t tabel (1,686) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan gawai yang berlebihan perlu mendapat perhatian serius dari orang tua dan guru karena berpotensi memicu perilaku agresif pada anak. Penelitian memiliki beberapa unsur kebaruan yang membedakannya dari penelitian sebelumnya. Penelitian ini secara spesifik mengkaji hubungan antara intensitas penggunaan gawai dengan perilaku agresif pada anak usia dini, yang belum banyak diteliti sebelumnya. Penelitian ini membedakan dua bentuk agresi, yaitu agresi fisik dan verbal, sehingga memberikan analisis yang lebih mendalam. Penggunaan pendekatan kuantitatif dengan analisis statistik berupa One-Sample T-Test dan regresi linier sederhana memperkuat temuan bahwa durasi dan frekuensi penggunaan gawai berpengaruh signifikan terhadap perilaku agresif anak.
| Item Type: | Journal Article |
|---|---|
| Keywords: | Intensitas Bermain Gawai; Perilaku Agresif; Anak Usia Dini |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology |
| Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Early Childhood Education |
| Depositing User: | Akhmad Mukhlis |
| Date Deposited: | 27 Aug 2025 14:28 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Dimensions
Dimensions