Abubakar, Isti'anah (2016) Analisis kualitas instrument soal ujian akhir madrasah berstandar nasional (UAMBN) mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) tingkat Madrasah Tsanawiyah tahun akademik 2012-2014. Presented at Seminar Nasional Pendidikan Karakter, 2-3 Mei 2016, UPI Bandung. (Submitted)
Text
Jurnalnya - UPI.docx Download (39kB) |
Abstract
Ujian Akhir Madrasah berstandar Nasional menjadi ajang untuk mengetahui kemampuan dan kompetensi siswa madrasah terkait pengetahuan PAI nya secara nasional. Dari kelima mata pelajaran PAI, maka SKI menjadi salah satu mata pelajaran yang nilai pencapaiannya terendah. Hal ini disebabkan banyak faktor, baik internal maupun eksternal. Analisa instrument soal, misalnya, karena selama ini kelemahan ini difokuskan pada lemahnya startegi dan penguasaan materi yang dilakukan oleh guru SKI. Keduanya secara tidak langsung berimplikasi pada pemahaman instrumen soal yang akan dikerjakan siswa. Analisa kualitas instrument soal merupakan kegiatan untuk memastikan apakah penyusunan soalnya telah disesuaikan dengan kaidah penulisan soal yang bermutu. Hal ini penting mengingat setiap UAMBN telah dikeluarkan kisi-kisi yang seyogyanya mempermudah guru untuk menyiapkan anak didiknya dalam menghadapi UAMBN
Item Type: | Seminar and Workshop |
---|---|
Keywords: | Kata kunci : Kualitas Instrument Soal, UAMBN, Mapel SKI |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education |
Depositing User: | Istianah Abubakar |
Date Deposited: | 23 Nov 2020 19:51 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |