Analisis kualitas instrument soal ujian akhir madrasah berstandar nasional (UAMBN) mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) tingkat Madrasah Tsanawiyah tahun akademik 2012-2014

Abubakar, Isti'anah (2016) Analisis kualitas instrument soal ujian akhir madrasah berstandar nasional (UAMBN) mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI) tingkat Madrasah Tsanawiyah tahun akademik 2012-2014. Presented at Seminar Nasional Pendidikan Karakter, 2-3 Mei 2016, UPI Bandung. (Submitted)

[img] Text
Jurnalnya - UPI.docx

Download (39kB)

Abstract

Ujian Akhir Madrasah berstandar Nasional menjadi ajang untuk mengetahui kemampuan dan kompetensi siswa madrasah terkait pengetahuan PAI nya secara nasional. Dari kelima mata pelajaran PAI, maka SKI menjadi salah satu mata pelajaran yang nilai pencapaiannya terendah. Hal ini disebabkan banyak faktor, baik internal maupun eksternal. Analisa instrument soal, misalnya, karena selama ini kelemahan ini difokuskan pada lemahnya startegi dan penguasaan materi yang dilakukan oleh guru SKI. Keduanya secara tidak langsung berimplikasi pada pemahaman instrumen soal yang akan dikerjakan siswa. Analisa kualitas instrument soal merupakan kegiatan untuk memastikan apakah penyusunan soalnya telah disesuaikan dengan kaidah penulisan soal yang bermutu. Hal ini penting mengingat setiap UAMBN telah dikeluarkan kisi-kisi yang seyogyanya mempermudah guru untuk menyiapkan anak didiknya dalam menghadapi UAMBN

Item Type: Seminar and Workshop
Keywords: Kata kunci : Kualitas Instrument Soal, UAMBN, Mapel SKI
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Istianah Abubakar
Date Deposited: 23 Nov 2020 19:51

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item