Responsive Banner

Persepsi guru terhadap transisi dari pembelajaran tematik ke pembelajaran berbasis proyek di SDI Al Ghaffaar Malang

Karengga, Fakhintan Ilza, Nasir, Muhammad, Azizah, Azizah, Susilawati, Samsul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8312-8151 and Wibowo, Agus Mukti ORCID: https://orcid.org/0000-0003-1257-1591 (2025) Persepsi guru terhadap transisi dari pembelajaran tematik ke pembelajaran berbasis proyek di SDI Al Ghaffaar Malang. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 9 (4). pp. 1968-1987. ISSN P-ISSN: 2620-5807; E-ISSN: 2620-7184

[img]
Preview
Text
24586.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (301kB) | Preview

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia, yang mengedepankan pembelajaran berbasis proyek sebagai jawaban atas tantangan Kurikulum 2013, menempatkan guru sebagai penentu keberhasilan transisi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara spesifik persepsi guru SDI Al Ghaffaar terhadap transisi dari pembelajaran tematik Kurikulum 2013 ke pembelajaran berbasis proyek Kurikulum Merdeka. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transisi pembelajaran tematik dalam Kurikulum 2013 ke pembelajaran proyek Kurikulum Merdeka mengubah persepsi guru terkait aspek-aspek pembelajaran. Pembelajaran berbasis proyek dipandang lebih efektif dalam memicu keaktifan belajar, menumbuhkan kemandirian, merangsang kreativitas, meningkatkan motivasi belajar dan memperkuat karakter siswa. Meskipun demikian, implementasi pembelajaran berbasis proyek menghadirkan sejumlah tantangan signifikan, termasuk kompleksitas persiapan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran berbasis proyek; kebutuhan peningkatan kompetensi guru; adanya variasi individual siswa dalam kemampuan memecahkan masalah, tingkat motivasi, minat belajar, keterampilan kolaborasi serta potensi munculnya kebosanan dan kurang fokus; dan keterbatasan ketersediaan sumber daya pendukung pembelajaran. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya dukungan proaktif dari sekolah melalui pelatihan dan pembimbingan guru, serta penyediaan sumber daya secara berkala menjadi faktor penentu keberhasilan transisi ini.

Item Type: Journal Article
Keywords: Persepsi Guru; Transisi; Pembelajaran Tematik; Pembelajaran Berbasis Proyek
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Agus Mukti Wibowo
Date Deposited: 20 Oct 2025 14:05

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item