Karengga, Fakhintan Ilza, Nasir, Muhammad, Azizah, Azizah, Susilawati, Samsul
ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8312-8151 and Wibowo, Agus Mukti
ORCID: https://orcid.org/0000-0003-1257-1591
(2025)
Persepsi guru terhadap transisi dari pembelajaran tematik ke pembelajaran berbasis proyek di SDI Al Ghaffaar Malang.
Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 9 (4).
pp. 1968-1987.
ISSN P-ISSN: 2620-5807; E-ISSN: 2620-7184
|
Text
24586.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (301kB) | Preview |
Abstract
Implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia, yang mengedepankan pembelajaran berbasis proyek sebagai jawaban atas tantangan Kurikulum 2013, menempatkan guru sebagai penentu keberhasilan transisi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara spesifik persepsi guru SDI Al Ghaffaar terhadap transisi dari pembelajaran tematik Kurikulum 2013 ke pembelajaran berbasis proyek Kurikulum Merdeka. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transisi pembelajaran tematik dalam Kurikulum 2013 ke pembelajaran proyek Kurikulum Merdeka mengubah persepsi guru terkait aspek-aspek pembelajaran. Pembelajaran berbasis proyek dipandang lebih efektif dalam memicu keaktifan belajar, menumbuhkan kemandirian, merangsang kreativitas, meningkatkan motivasi belajar dan memperkuat karakter siswa. Meskipun demikian, implementasi pembelajaran berbasis proyek menghadirkan sejumlah tantangan signifikan, termasuk kompleksitas persiapan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran berbasis proyek; kebutuhan peningkatan kompetensi guru; adanya variasi individual siswa dalam kemampuan memecahkan masalah, tingkat motivasi, minat belajar, keterampilan kolaborasi serta potensi munculnya kebosanan dan kurang fokus; dan keterbatasan ketersediaan sumber daya pendukung pembelajaran. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya dukungan proaktif dari sekolah melalui pelatihan dan pembimbingan guru, serta penyediaan sumber daya secara berkala menjadi faktor penentu keberhasilan transisi ini.
| Item Type: | Journal Article |
|---|---|
| Keywords: | Persepsi Guru; Transisi; Pembelajaran Tematik; Pembelajaran Berbasis Proyek |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education |
| Divisions: | Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Teacher Education for Islamic Primary Schools |
| Depositing User: | Agus Mukti Wibowo |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 14:05 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Dimensions
Dimensions