Responsive Banner

Optimalisasi chatbot berbasis artificial intelegence dalam pembelajaran pendidikan Islam di era digital

Afiyati, Fudla, Maghfirah, Innayatul and Bashith, Abdul ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4678-3891 (2025) Optimalisasi chatbot berbasis artificial intelegence dalam pembelajaran pendidikan Islam di era digital. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 12 (3). pp. 836-850. ISSN 2620-6641

[img]
Preview
Text
24599.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (287kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi keunggulan yang dapat ditawarkan oleh chatbot AI sebagai pendukung dalam proses pembelajaran Islam, sekaligus mengidentifikasi hambatan yang perlu diatasi agar teknologi ini dapat diterima dan dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kepustakaan, yaitu mengumpulkan data dari berbagai referensi seperti jurnal ilmiah, buku, dan sumber relevan lainnya. Hasil kajian menunjukkan bahwa kehadiran chatbot berbasis kecerdasan buatan (AI) memberikan dampak yang signifikan dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi chatbot AI, seperti ChatGPT, terbukti mampu menghadirkan inovasi yang bermanfaat, antara lain meningkatkan partisipasi siswa, motivasi belajar, penguasaan keterampilan abad ke-21, serta membantu mengurangi tingkat kecemasan yang dialami oleh peserta didik. Namun demikian, penggunaan chatbot AI dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam juga dihadapkan pada sejumlah tantangan. Oleh karena itu, integrasi teknologi ini dalam pendidikan Islam harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan melalui pendekatan yang bijaksana, disertai pengawasan dari para pendidik dan ulama agar tetap sejalan dengan nilai-nilai ajaran Islam. Dan membentuk lebih personal, inklusif, dan berkelanjutan, sekaligus menuntut transformasi peran guru dari sekadar penyampai materi menjadi fasilitator pembelajaran yang lebih adaptif terhadap kemajuan teknologi serta mendorong transformasi kurikulum agar lebih responsif terhadap perkembangan zaman tanpa mengabaikan nilai-nilai spiritualitas dan moral keislaman.

Item Type: Journal Article
Keywords: Chatbot; Artificial Intelegence; Pendidikan Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Islamic Education
Depositing User: Bashith Abdul
Date Deposited: 21 Oct 2025 10:10

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item