Responsive Banner

Model evaluasi untuk membentuk pendidikan karakter di SDI Al-Ghaffaar

Azizah, Azizah, Yaqin, Mohamad Zubad Nurul ORCID: https://orcid.org/0000-0002-8253-2048, Wibowo, Agus Mukti ORCID: https://orcid.org/0000-0003-1257-1591 and Ahmad, Heryan Fandi (2025) Model evaluasi untuk membentuk pendidikan karakter di SDI Al-Ghaffaar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10 (4). pp. 228-240. ISSN 2477-2143

[img]
Preview
Text
24610.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (128kB) | Preview

Abstract

Karakter salah satu permasalahan yang dapat dilihat pada sekolah. Karena setiap siswa memiliki karakter yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, perlu adanya evaluasi yang diterapkan pada siswa. Agar meminimalisirkan terjadi kebosanan terhadap siswa. Karena karakter sangat berpengaruh munculnya kebosanan dalam belajar. Seorang guru melakukan evaluasi, dengan begitu beberapa merasa sama saja tidak ada perkembangan dalam merancang sistem pembelajaran. Sehingga siswa dapat merasa bosan dengan adanya sistem belajar secara terus menerus sama. Hal ini dapat digunakan oleh guru untuk keputusan yang sangat diperlukan dalam menentukan strategi belajar mengajar. Agar siswa dapat menerima suatu pelajaran dengan baik. Pada model evaluasi perlu rencana dengan baik dalam membentuk pendidikan karakter di SD Islam Al-Ghaffar bertujuan untuk melihat beberapa karakter terdapat pada siswa yang berpengaruh adanya evaluasi tersebut. Adapun data yang dapat dikumpulkan dapat berupa jurnal atau referensi yang relevan dan melakukan wawancara secara langsung bersama pihak sekolah. Evaluasi juga sangat penting untuk mendapatkan hasil. Dengan adanya evaluasi siswa dapat membentuk karakter. Topik atau masalah yang menjadi objek pembahasan. Evaluasi pembelajaran berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan hasil belajar siswa. Evaluasi pembelajaran memainkan peran penting dalam pengajaran dan pembelajaran di mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar. Evaluasi yang efektif dapat memberikan wawasan tentang kemajuan siswa, membantu guru dalam perencanaan dan penyusunan kurikulum, serta mendorong peningkatan kualitas pengajaran. Dapat disimpulkan pada model evaluasi yang digunakan dapat mempermudah guru dan siswa melihat hasil model yang dilakukan dalam pembentukan karakter. Alasan memilih al-ghaffaa disekolah tersebut sangat membutuhkan evaluasi untuk membentuk suatu karakterr pada peserta didik

Item Type: Journal Article
Keywords: Model; Evaluasi; Karakter
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education
Divisions: Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Agus Mukti Wibowo
Date Deposited: 21 Oct 2025 14:16

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item